Pembangunan Embung Bukit Tumang di Lingga Ditargetkan Selesai Akhir 2019

Pembangunan Embung Bukit Tumang di Lingga Ditargetkan Selesai Akhir 2019

Kepala BWSS IV, Ismail Widadi (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV wilayah Kepulauan Riau mengucurkan anggaran Rp22 miliar lebih untuk pembangunan Embung Bukit Tumang di Singkep Barat, Kabupaten Lingga. Pembangunan yang dimulai awal tahun ini ditargetkan selesai pada akhir 2019.

Baca: BWSS IV Bangun Embung Bukit Tumang di Lingga Tahun Ini

Kepala BWSS IV, Ismail Widadi mengatakan, embung itu nantinya berguna untuk cadangan air bagi kebutuhan masyarakat. Pembangunan itu juga mengusung konsep wisata dengan view yang indah.

"Kami hanya menyiapkan embungnya. Nanti saluran akan dibangun dinas lainnya," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (31/1/2019).

Ismail menjelaskan, cadangan air di wilayah Kepulauan Riau, masih sangat kekurangan khususnya di beberapa daerah-daerah perkotaan yang masyarakatnya padat penduduk seperti di Kota Batam dan Tanjungpinang.

Kabupaten Lingga sendiri meskipun memiliki banyak cadangan air, namun masih dibutuhkan pembangunan-pembangunan infrastruktur untuk menampung cadangan air tersebut.

"Di beberapa wilayah seperti di Bintan sudah ada yang selesai kita bangun, dan hasilnya sangat berdampak bagi daerah tersebut," ujarnya.

Selain membangun Embung Bukit Tumang, BWSS IV Kepri juga telah membangun saluran irigasi di Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur. Pembangunan tersebut telah dimulai pada tahun 2018 lalu.

Selain itu BWSS juga telah melakukan pembangunan penahan pantai di wilayah Singkep pesisir. Tim independent dari internal BWSS IV ini, berada di Kabupaten Lingga hampir satu minggu penuh untuk memastikan beberapa infrastruktur yang akan dibangun di Kabupaten Lingga dan infrastruktur yang siap dibangun pada tahun ini.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews