APBDes 2019 Naik, Apri : BUMDes Harus Mampu Kelola Potensi Desa

Bupati Bintan, Apri Sujadi.

Bintan - Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2019 yang dikucurkan untuk 36 desa se-Kabupaten Bintan mengalami kenaikan sekitar Rp 20 miliar dari tahun sebelumnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan APBDes yang dikucurkan tahun ini sebesar Rp 103 miliar lebih. Nominal itu berasal dari Dana Desa (DD) yang dialokasikan melalui APBN sebesar Rp 36 miliar dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Bintan sebesar Rp 67 miliar lebih.

"ADD yang kita alokasikan untuk 36 desa naik Rp 14 miliar lebih. Dari Rp 50 miliar lebih di tahun lalu menjadi Rp 67 miliar lebih di tahun ini. Begitu juga DD tahun ini naik Rp 6 miliar lebih dari Rp 30 miliar lebih di tahun lalu menjadi Rp 36 miliar lebih," ujar Apri, kemarin.

Dengan kenaikan APBDes ini, kata Apri, diminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuk setiap desa-desa semakin bertambah di tahun ini. Awalnya di tahun lalu ada 24 BUMDes sekarang bisa lebih dari 30 BUMDes.

Kemudian BUMDes itu diharapkan tidak hanya sekedar mampu mengelola keuangan desa untuk pembangunan fisik saja. 

Baca: Hanya 24 BUMDes di Bintan yang Sumbang Penghasilan ke Desa

Tetapi juga mampu mengelola semua potensi desa yang dimiliki untuk kemajuan desa itu sendiri. Karena keberadaan BUMDes itu menjadi akses kemajuan dan pembangunan desa.

"BUMDes harus menjadi mesin bagi pembangunan desa itu sendiri. Kita harapkan keberadaan BUMDes nantinya,  harus mampu menjadikan desa itu lebih mandiri," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan setiap tahunnya pembentukan BUMDes terus bertambah. Bahkan, BUMDes yang terbentuk sudah mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Tahun ini sudah 34 BUMDes yang terbentuk," katanya.

Pada 2016 lalu, kata Mantan Kabag Humas Pemkab Bintan ini, hanya 5 BUMDes yang terbentuk. Lalu 2017 terjadi penambahan menjadi 13 BUMDes.

Setahun kemudian atau 2018, BUMDes yang terbentuk bertambah hampir 2 kali lipat yaitu 24 BUMDes dan sekarang kembali naik menjadi 34 BUMDes.

"Tahun lalu PADes yang disumbangkan 24 BUMDes sekitar Rp 165 juta lebih. Diharapkan tahun ini kembali naik seiring kenaikan jumlah pembentukan BUMDes," ucapnya. 

(ary)