JK: Jalan Thamrin Mirip Singapura, Belakangnya Kayak Bangladesh

JK: Jalan Thamrin Mirip Singapura, Belakangnya Kayak Bangladesh

Wapres Jusuf Kalla, Gubernur DKI Anies Baswedan, Menkeu Sri Mulyani, dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa kondisi tata ruang Jakarta masih perlu diperbaiki. JK menyoroti timpangnya kondisi tata ruang yang ia saksikan saat meninjau Jakarta dari udara menggunakan helikopter bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah menteri Kabinet Kerja Senin pagi, 28 Januari 2019.

"Kalau kita lihat Jalan Thamrin, ini tidak berbeda seperti Singapura, tapi begitu di belakang Jalan Thamrin, atau Tanjung Priok, itu sama seperti daerah-daerah lain, kota-kota lain, kayak Kolkata, Bangladesh, Manila," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 28 Januari 2019.

Menurut JK, ketimpangan terjadi berupa campur aduknya peruntukan tata ruang Jakarta. JK menengarai, permasalahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI yang belum berhasil dijalankan dengan benar oleh Pemerintah Provinsi DKI menjadi sebabnya.

JK memprediksi permasalahan RTRW Jakarta yang berantakan baru bisa dituntaskan secepat-cepatnya dalam waktu 10 tahun. Sementara itu, Anies, dituntut untuk memulai penyelesaiannya sejak saat ini dengan memperbaiki aturan RTRW DKI.

"Seminggu lapor sama saya, sebulan lapor lagi, biar prinsip pokoknya dulu, bagaimana tersambung tata ruang ini," ujar JK.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews