Sering Begadang Bikin Gampang Jerawatan, Mitos Atau Fakta?

Sering Begadang Bikin Gampang Jerawatan, Mitos Atau Fakta?

Ilustrasi

Batam - Semakin hari, orang-orang semakin peduli dengan penampilan. Tidak hanya bagi kaum hawa tetapi juga bagi kaum adam. Selain karena ini ingin percaya diri, tuntutan pekerjaan juga menjadi alasan seseorang untuk peduli dengan penampilan, terutama area wajah atau muka.

Terkadang karena rutinitas yang padat dan tugas menumpuk membuat seseorang tidak ada pilihan selain begadang. Ditambah dengan gadget sampai dini hari pun sanggup untuk tidak tidur.

Banyak muncul pandangan dari masyarakat kalau bagadang itu bisa mempermudah munculnya jerawat.

Sebenarnya jerawat di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal. Bahkan, penyebab jerawat bisa berbeda-beda antara satu orang dan yang lainnya.

Mungkin saja teman Anda merasa gampang jerawatan setelah makan makanan tertentu, sedangkan Anda sendiri merasa jadi mudah berjerawat setelah terbiasa begadang.

Lantas, apakah benar sering begadang bisa memicu jerawat di wajah? Cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Bukan cuma memunculkan kantung mata, banyak orang yang menduga bahwa kebiasaan sering begadang juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di wajah. Apa benar begitu?

Menurut National Sleep Foundation, kurang tidur akibat sering begadang memang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Hal ini pun turut disetujui oleh Jessica Krant, MD, MPH, seorang asisten dosen klinis dermatologi dari SUNY Downstate Medical Center di New York.

Dilansir dari WebMD, tingkat stres dapat meningkat hingga 14 persen setiap kali Anda kurang tidur selama 1 jam. Semakin lama Anda begadang, maka tingkat stres dalam tubuh akan semakin bertambah.

Ketika stres, tubuh akan membuat lebih banyak hormon kortisol alias hormon stres. Nah, banyaknya hormon kortisol inilah yang akan memicu peradangan pada tubuh, termasuk juga merusak struktur dan fungsi kulit.

Menurut Jessica Krant, kebiasaan tidur larut malam dapat memperparah munculnya jerawat di wajah. Bahkan, hal ini juga dapat memicu masalah kulit lainnya seperti eksim, dermatitis kontak, hingga psoriasis.

Bagaimana cara mengatasi jerawat akibat begadang?

Tentu saja, masalah jerawat yang Anda alami ini hanya bisa diatasi dengan mengurangi kebiasaan begadang. Sebisa mungkin, dapatkan tidur yang cukup minimal 7-8 jam setiap malam supaya kesehatan Anda tetap optimal.

Namun, bagaimana kalau Anda terpaksa harus begadang untuk hal-hal tertentu, entah karena deadline laporan atau mempersiapkan presentasi besok? Begini cara amannya supaya jerawat tidak mudah muncul.

- Minum banyak air putih. Hal ini dapat membantu membuang racun dalam tubuh sekaligus melembapkan kulit.

- Hindari makanan manis. Bukan cuma meningkatkan risiko obesitas, makanan manis juga dapat merangsang produksi minyak di wajah dan memicu jerawat.

- Cuci muka sebelum tidur. Selarut apa pun Anda tidur, pastikan untuk selalu mencuci muka dulu sebelum menyentuh kasur. Ini bertujuan untuk membilas bakteri atau minyak di wajah yang bisa memicu jerawat.

- Segera tidur.

(sya)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews