Tower Mini Beroperasi di Mentuda, Warga Kesulitan Isi Pulsa Hp

Ilustrasi

Lingga - Warga Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akhirnya dapat menikmati ketersedian jaringan telekomunikasi setelah berdiri dan aktifnya tower mini di desa tersebut awal Januari lalu.

Sebelumnya, warga yang tinggal di bawah kaki Gunung Daik ini kesulitan mendapatkan akses telekomunikasi. Untuk mendapatkan sinyal handpone (Hp) tak jarang warga harus menggantung Hp mereka di pohon, jendela serta tempat yang memiliki jangkaun sinyal.

"Alhamdulillah sekarang kami sudah bisa menghubungi keluarga, anak-anak kami dan kerabat yang berada di luar kampung lewat Hp saja. Kami apresiasi kepedulian Pemkab Lingga," ujar salah seorang tokoh masyarakat Mentuda, Awang Jinet ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (22/1/2019).

Namun, ada sedikit kendala yang mereka temukan setelah aktifnya tower mini tersebut. Pasalnya, mereka tidak bisa melakukan pengisian pulsa ke nomor masing-masing ketika berada di desa tersebut.

"Saya kan pakai kartu dari provider telkomsel. Jadi, pas saya mau isi pulsa tidak bisa. Hp nya harus dibawa keluar dari Desa Mentuda dulu baru bisa diisi pulsanya, padahal sinyal ada. Ditransfer dari luar juga gak bisa kalau Hp nya gak dibawa keluar kampung," ujarnya.

Dengan begitu, ia berharap Bagian Kominfo di Setda Lingga serta pihak telkomsel dapat memperhatikan hal tersebut. Karena, mereka mengaku sangat terbebani ketika untuk membeli pulsa saja harus keluar dari tempat mereka tinggal.

"Kalau warga yang jarang keluar kampung kan kasihan. Bagaimana mau isi pulsa. Ini yang jadi kendala kami sekarang. Kami harap bagian Kominfo bisa mencari solusinya," katanya.

(ruz)