HNSI: Nelayan Garda Terdepan Jaga Perbatasan Negara

HNSI: Nelayan Garda Terdepan Jaga Perbatasan Negara

Ketua Umum HNSI, Yussuf Solichien.

Batam - Profesi nelayan dianggap memiliki peran strategis dalam menjaga negara. Nelayan bisa menjadi garda terdepan di daerah perbatasan.

Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Yussuf Solichien menyebut bersama dengan aparat keamanan, nelayan juga bisa memberikan andil dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. 

"Kita sendiri sebagai Negara kepulauan, tentunya sangat riskan sekali dengan masuknya pihak asing ke wilayah perairan kita," terang Yussuf kepada awak media di Sahid Hotel and Convention Center, Sabtu (19/01/2019) siang.

Pemberdayaan nelayan juga bisa dimanfaatkan sebagai mata dan telinga, untuk membantu kerja dari aparat keamanan RI.

Wilayah perairan di Kepri yang sangat luas, seharusnya bisa menopang pendapatan asli daerah dari sektor laut.  Namun berdasarkan hasil laporan HNSI Provinsi Kepri, pemberdayaan nelayan masih belum dilakukan secara maksimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada empat poin yang harus dibantu oleh Pemerintah Provinsi dan masing - masing Pemerintah Kabupaten/Kota, dalam mewujudkan nelayan sebagai sumber PAD yang baru dan hal ini sudah diatur di dalam UU Nomor 7 Tahun 2016.

Ada empat poin penting yang harus disupport oleh Pemkab dan Pemprov yakni subsidi kapal, alat tangkap, BBM dan modal.

(jim)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews