Bintan Siap Sumbang 700 Ribu Kunjungan Wisman Kepri Tahun Ini

Bintan Siap Sumbang 700 Ribu Kunjungan Wisman Kepri Tahun Ini

Event Tour de Bintan salah satu magnet wisman berkunjung ke Kepri. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Kemenpar RI memberikan target kepada Pemprov Kepri untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 4 juta di tahun 2019 ini.

"Tahun lalu target kita tercapai. Sekarang Kemenpar RI kasih jatah ke kita sebanyak 4 juta kunjungan wisman ke Kepri," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar di Lagoi, kemarin.

Target ini, kata Buralimar, bisa tercapai asalkan seluruh pihak saling bersinergi dan bekerjasama. Mulai dari pemerintah daerah, pengelola industri pariwisata dan asosiasi-asosiasi lainnya.

Direncanakan tahun 2019 ini akan ada 46 event yang digelar di 7 kabupaten/kota se-Kepri. 6 diantaranya masuk kalender Kemenpar RI yaitu 1 event masuk ke dalam Top 10 Event dan 5 event lagi masuk 100 Event Wonderful Indonesia.

"Event-event tersebut mulai dari kelas mancanegara, nasional sampai lokal," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan Pemkab Bintan akan selalu bersinergi dengan pelaku usaha kepariwisataan untuk memenuhi target kunjungan wisman ke Bintan.

"Khususnya PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) yang mengelola Kawasan Pariwisata Lagoi. Karena 6 event yang masuk di kalender di Kemenpar RI, 3 diantaranya digelar di Lagoi," katanya.

3 Event Internasional yang masuk di Kalender Kemenpar RI yaitu Ironman 70.3 Bintan sebagai Top 10 Event Indonesia. Kemudian Bintan Triathlon dan Toure de Bintan masuk ke dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

Selain 3 event itu, kata Dalmasri, Bintan masih memiliki 13 event lainnya. Mulai dari berskala dunia yaitu International Bintan Marathon (IBM), Bintan MoonRUN, Golf, Sail to Bintan dan lainnya. Lalu juga ada event nasional seperti festival layang-layang, perahu jong, tarian dan banyak lagi.

"Kepri diberi jatah 4 juta kunjungan wisman. Kami akan sumbang 700 ribu wisatawan di tahun 2019 ini melalui 16 event," ucapnya.

Tahun ini, Pemkab Bintan juga akan berupaya meningkatkan potensi pariwisata perbatasan (crossborder tourism). 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews