Pemda Bintan Raup PAD Rp 139 M dari Wisman 2018, Target Kunjungan Lebihi Target

Pemda Bintan Raup PAD Rp 139 M dari Wisman 2018, Target Kunjungan Lebihi Target

Turis asing saat datang di Pelabuhan Bentan Telani, Lagoi. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Kunjungan turis asing ke Bintan selama 2018 melebihi target nasional maupun provinsi. Bahkan jika dibandingkan 2017, jumlah kunjungan terjadi kenaikan sebesar 40 persen.

Dari catatan Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, terhitung November 2018 kunjungan turis capai 461.487 orang. Sedangkan hingga akhir Desember jumlahnya mencapai 500 ribu lebih.

Target yang ditetapkan Provinsi Kepri untuk Bintan sekitar 400 ribu orang dan Kemenpar RI menargetkan  500 ribu orang.

"Dihitung November saja kita sudah melebihi target dari provinsi dan sampai Desmeber ini kita sudah melebihi target nasional yang ditetapkan Kemenpar RI," ujar Kepala Dispar Bintan, Luki Zaiman Prawira, kemarin.

Capaian yang melebihi target ini, kata Luki, menjadi top record yang dihasilkan dari kerja keras PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi dan Pemkab Bintan.

"Paling banyak kunjungan dari Singapura sekitar 29 persen, Tiongkok sekitar 28,8 persen, sedangkan Jepang, Australia, Malaysia dan Eropa sekitar 4-5 persen," jelasnya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan jumlah kunjungan turis ke Bintan terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini didukung penuh oleh PT BRC yang selalu menggelar event-event berskala internasional.

"Kami sangat bersukur dengan dukungan yang diberikan PT BRC. Karena tanpa dukungan itu, kunjungan turis tak akan capai target apalagi melebihi," katanya.

Meningkatnya kunjungan turis ini, kata Dalmasri, juga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan. Tercatat sebesar 64 persen PAD yang diperoleh 2018 disumbangkan dari PT BRC.

"Capaian PAD Bintan dari sektor pariwisata Lagoi mencapai sekitar Rp 139 miliar lebih. Ini sudah melebihi target juga," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews