Awan Konvektif Sebabkan Hujan di Kepulauan Riau

Pergerakan awan Konvektif (Foto: BMKG)

Karimun - Sejumlah wilayah Kepulauan Riau diperkirakan akan dilanda hujan. Hujan diakibatkan pergerakan awan konvektif yang semakin tinggi.

Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), awan konvektif atau awan penyebab hujan bergerak di Kepri.

Kepala BMKG Kabupaten Karimun, Raden Eko menyebutkan bahwa, pengaruh adanya awan konvektif terhadap cuaca menyebabkan hujan. 

"Awan konvektif adalah awan-awan penyebab hujan. Jadi, pengaruh awan berpeluang terjadinya hujan di wilayah tersebut," ujar Eko, Jumat (28/12/2018).

Berdasarkan citra inframerah dan Water Vapor Himawari-8, pukul 10.00 WIB, terdapat konvektif signifikan di beberapa wilayah Indonesia. Seperti kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua bagian selatan.

"Pergerakan awan terdeteksi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk juga Kepulauan Riau," kata dia.

Namun untuk waktu terjadinya hujan tidak bisa diprediksi, bisa terjadi pada siang, sore, atau malam.

Diharapkan untuk jasa angkutan laut untuk berkoordinasi dengan pihak terkait sebelum melakukan perjalanan. Cuaca yang berubah-ubah dapat menyebabkan tingginya gelombang air laut.

(aha)