Ratusan Buruh Geruduk Disnaker Batam Terkait UMSK

Ratusan Buruh Geruduk Disnaker Batam Terkait UMSK

Unjuk rasa buruh dari FSPMI dan Garda Metal di Kantor Disnaker Kota Batam, Kamis (27/12/2018). (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Ratusan pekerja buruh yang tergabung dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Garda Metal Kota Batam melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Disnaker Batam, Kamis (27/10/2018) .

Mereka berkumpul di Simpang Panbil sejak pukul 09.00. Selanjutnya mereka beriringan menuju Disnaker dikawal anggota polisi. Aksi ini dilakukan para buruh terkait masalah penetapan upah minimum sektoral Kota Batam (UMSK).

Pada informasi awal demo ini akan di lakukan di 3 titik, yaitu Simpang Kabil, Simpang Cammo Batam Centre, dan depan Polsek Batu Aji.

Namun menurut keterangan Jefri Rajab salah satu orator dalam demo, titik tersebut hanya sebagai tempat titik kumpul. 

"Dari awal tujuan kami memang langsung di depan Kantor Disnaker, untuk titik tersebut hanya untuk titik kumpul saja," ujarnya.

 

 

Kelompok unjuk rasa ini bergegas dari Simpang Panbil pukul 10.00 WIB. Dipimpin oleh Beta, salah satu orator unjuk rasa.

Jalur dilalui FSPMI adalah Simpang Panbil, terus menuju jalur lambat samping Kepri mall, depan Polresta Barelang, Sei ladi, dan memasuki area kantor Disnaker melalui Jl. Kartini.

Sepanjang perjalanan, bendera kuning FSPMI terus dikibarkan, diringi musik lagu-lagu nasional. Sempat terjadi dorong-dorongan antara massa buruh dan petugas yang melakukan barikade pengamanan.

Sat lantas Polresta Barelang memastikan kelancaran lalu lintas sehingga tidak menghambat perjalanan masyarakat di jalan.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews