Begini Cara Buruh Pabrik Batam Bantu Korban Gempa Palu

Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam Alfatoni. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Buruh di Kota Batam menggalang dana untuk korban bencana Palu, Sulteng. Penggalangan dana berlangsung di pabrik masing-masing hingga 10 Oktober 2018 mendatang.

Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam Alfatoni mengatakan, sistem pengumpulan dana melalui menjalankan kotak sumbangan ke perusahaan dan di lampu merah. 

"Saat ini masih berjalan minta sumbangannya ke karyawan yang di pabrik," katanya, kepada Batamnews.co.id, Selasa (2/9/2018).

Ia melanjutkan, direncanakan pengalangan dana selama 10 hari ke depan. "Kita mulai tanggal 1 Oktober kemarin, selesai 10 Oktober ini," katanya.

Dana yang telah terkumpul nanti akan dilakukan koordinasi dengan korban becana keperluan apa yang dibutuhkan. "Baru stelah kita tahu, mau kita belikan logistik atau apa, tergantung kebutuhan," katanya. 

Ia juga mengatakan, penggalangan dana sudah dilakukan untuk bencana beberapa tempat lainnya, seperti gempa Lombok kemarin FSPMI berhasil mengumpulkan dana Rp170 juta. "Itu sudah kita antarkan ke Lombok," katanya. 

Direncanakan, lanjutnya, untuk sumbangan palu sebanyak-banyaknya. "Sampai dua hari ini sudah terkumpul Rp30 juta," katanya.

(tan)