Kadinkes Kepri Minta Puskesmas Buka 24 Jam Selama Natal dan Tahun Baru

Kadinkes Kepri Minta Puskesmas Buka 24 Jam Selama Natal dan Tahun Baru

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepualauan Riau, Tjetjep Yudiana (Foto:ist)

Batam - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepualauan Riau, Tjetjep Yudiana meminta pemerintah daerah atau kota membuka puskesmas dan rumah sakit selama 24 jam pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek sebagai upaya Kementerian mendukung kelancaran libur akhir tahun.

"Saya meminta kepada kepala dinas kota dan kabupaten untuk puskesmas membuka 24 jam, termasuk RS," kata Tjetjep ketika dihubungi Batamnews.co.id, Sabtu (22/12/2018).

Ia mengaku, koordinasi semua pihak sudah dilakukan baik di provinsi maupun di daerah kabupaten/kota. Lanjut Tjetjep, pihaknya juga akan tetap melekat dibawah Komando Polda, karena dalam hal ini banyak subsistem yang berperan aktif.

Kantor kesehatan di pelabuhan juga siap siaga 24 jam selama ada kapal yang mengangkut penumpang. Bahkan, Ikatan Puskesmas Kepulauan Riau juga sudah mengadakan rapat untuk membuat komitmen bersama dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru ini.

"Kami sudah memiliki prototype dan mekanismenya, jadi akan bergerak lebih cepat dalam keadaan darurat dengan memakai ambulans," ucapnya.

Selain itu, Dinkes juga menyediakan tempat istirahat yang dilengkapi tenaga medis serta fasilitas kesehatan di lokasi-lokasi yang menjadi jalur mudik.

(sya)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews