Kepri Ingin Buka Rute Roro Tanjungpinang-Johor

Kepri Ingin Buka Rute Roro Tanjungpinang-Johor

Wakil Gubernur Kepri Isdianto.

Batam - Pemprov Kepri menjajaki pembukaan rute langsung kapal roll on-roll off (roro) dari Tanjungpinang menuju Tanjung Pelepas, Johor. Tujuannya, untuk mendongkrak angka wisatawan mancanegara dari Malaysia.

Wakil Gubernur Kepri Isdianto menyebutkan ide muncul setelah pemerintah daerah di Kalimantan berhasil menggaet wisman dari Negeri Jiran itu.

"Setiap bulannya ada sekitar 780 bus asal Malaysia yang membawa sekitar 700 ribu wisatawan ke Kalimantan," terang Isdianto, kemarin.

Rencana pembukaan rute roro langsung dari Malaysia ini, sudah dikaji bersama dalam rapat dengan pihak-pihak terkait. 

"Sudah kita bahas dalam rapat bersama dengan otoritas perhubungan laut dimana juga telah memetakan manfaat yang bisa diperoleh dari masuknya wisatawan asal Malaysia ke Kepulauan Riau," tambahnya.

Ia pun menyebutkan, untuk realisasinya sendiri meminta semua pihak segera bersiap, termasuk membuat agenda studi banding dengan pemerintah daerah di Kalimantan yang telah melakukan kerja sama serupa dengan Malaysia sebelumnya.

"Kita pastikan industri pariwisata bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Infrastruktur pelabuhan di Kepri untuk memenuhi kebutuhan bersandarnya kapal roro, rencananya difasilitasi oleh pihak Malaysia dimana harapan kerja sama ini berjalan baik.

"Ambil manfaat dengan menghadirkan suguhan event pariwisata yang sesuai dengan budaya masyarakat Melayu dan kita semua harus memberikan hiburan yang sesuai dengan wisatawan, apalagi kita (Kepri) dengan Malaysia sangat dekat secara budaya," pungkasnya.

(jim)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews