KSOP Karimun Awasi Keselamatan Penumpang

KSOP Karimun Awasi Keselamatan Penumpang

Kepala KSOP cek Kapal bersama tim gabungan lainnya (Foto: Edo/batamnews)

Karimun -  Pengamanan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019 siap 100 persen di Tanjungbalai Karimun. Kesiapan baik dalam keamanan dan keselamatan penumpang.

Kesiapan tersebut dilaksanakan dengan gelar apel bersama di Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun, Selasa (18/12/2018).

Apel tersebut dipimpin Plt Kepala KSOP Karimun Mappeati, yang diikuti oleh pihak TNI, Polri, Basarnas, Stasiun Karantina Kelas II Tanjungbalai Karimun dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Karimun.

"Kesiapan dalam pengamanan masa mudik pada natal dan tahun baru sudah siap 100 persen," ujar Mappeati, usai apel.

Selain pengamanan, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap kapal penyedia jasa angkutan laut. Pengecekan dengan melihat alat keselamatan dan kelayakan kapal.

Kita telah melakukan pengecekkan fisik kapal, melakukan rapat koordinasi lintas instansi dan juga memberikan himbauan kepada penyedia jasa angkutan laut dan penumpang terkait keselamatan pelayaran," kata dia.

Namun, saat ini kondisi di Pelabuhan Karimun masih normal. Belum terlihat lonjakan penumpang yang akan berlibur pada Natal dan Tahun Baru.

"Belum terjadi lonjakan. Namun demikian, kapal cadangan sudah mulai kita persiakan dari sekarang, sehingga apabila terjadi lonjakan tidak akan menjadi kendala," ujarnya.

Prediksi lonjakan penumpang, terjadi kenaikan sebanyak 3 persen dibandingkan tahun lalu. Dimana rata- rata penumpang yang melintasi pelabuhan Karimun berjumlah 11 ribu hingga 12 ribu jiwa.

"Rata- rata penumpang dari Batam, Kukup Malaysia dan Selat Panjang. Karimun merupakan daerah transit, sehingga banyak dari penumpang di daerah lain hanya singgah saja," ucapnya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews