Aunur Rafiq Apresiasi Pendonor Darah di Karimun

Aunur Rafiq Apresiasi Pendonor Darah di Karimun

Bupati Karimun Berikan Penghargaan Kepada Pendonor di Karimun (Foto: Humas/Candra)

Karimun - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Karimun melaksanakan donor darah dan sunatan massal gratis di Gedung Nasional Karimun, Minggu (16/12/2018) pagi.

Kegiatan yang dibuka Bupati Karimun Aunur Rafiq tersebut juga disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada pendonor sukarela dan perusahaan, komunitas serta kelompok masyarakat penggerak donor darah.

Tujuan pemberian penghargaan kepada pendonor sukarela merupakan bentuk apresiasi dan ungkapan terimakasih dari PMI serta Pemerintah Kabupaten Karimun atas darah yang diberikan untuk membantu pasien - pasien yang membutuhkan di rumah sakit di Kabupaten Karimun.

"Penghargaan ini kita berikan kepada pendonor yang telah 10, 25, dan 50 kali mendonorkan darahnya untuk membantu mencukupi kebutuhan darah di Karimun. Ini suatu hal yang luar biasa, karena darah yang disumbangkan itu digunakan untuk menyelamatkan manusia," ujar Rafiq yang juga Ketua PMI Karimun.

Ia mengatakan, kebutuhan darah untuk Kabupaten Karimun perbulannya mencapai 400 hingga 500 kantong darah. Sehingga, setidaknya dalam waktu setahun kebutuhan darah mencapai 6,000 kantong.

"Jika tidak ada pendonor, kita tidak akan mungkin bisa memenuhi kebutuhan darah di Karimun. Atas bantuan inilah kita berikan penghargaan," katanya.

Rafiq juga mengajak kepada masyarakat bersama- sama turut ikut memberikan darahnya melalui donor darah melalui PMI. Bertujuan untuk membantu saudara- saudara yang membutuhkan darah.

Bahkan, orang nomor satu di Karimun itu juga mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karimun untuk dapat mendonorkan darahnya.

"Kita bersama- sama masyarakat untuk memberikan darahnya. ASN juga pada saat hari KORPRI kemarin kita turut menggelar donor darah sebagai bentuk rasa kepedulian," ujarnya.

Rafiq menjelaskan, selain kegiatan pemberian penghargaan tersebut, pihaknya juga mengadakan sunatan masal yang diikuti 64 anak kurang mampu di Karimun. Selain itu, PMI melaksanakan kegiatan donor darah dengan target 40 kantong.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karimun sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Rachmadi mengatakan, pemberian penghargaan diberikan dalam tiga kategori.

Untuk kategori 10 kali terdapat 81 orang pendonor, 25 Kali 5 Pendonor dan 50 kali 4 pendonor. Selain itu, PMI Karimun juga memberikan sertifikat penghargaan kepada 23 perusahaan yang me,fasilitasi gerakan donor darah di Karimun.

"Ini merupakan program akhir tahun kita. Sekaligus juga kita menggelar kegiatan donor darah dan sunatan massal gratis untuk masyarakat kurang mampu," ujar Bupati.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membantu sesama dengan cara donor darah dan juga memotivasi perusahaan maupun instansi di Karimun untuk menggerakkan donor darah di lingkungannya.

(aha)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews