6 Tahun Menanti, Masyarakat Senayang Segera Nikmati Air Bersih

6 Tahun Menanti, Masyarakat Senayang Segera Nikmati Air Bersih

Camat Senayang, Kimat Awal (tengah) bersama warga Kelurahan Senayang berada di bak air yang akan seger dioperasikan dalam waktu dekat (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Sudah 6 tahun dibangun tepatnya 2012 silam, fasilitas air bersih di Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga baru bisa diaktifkan tahun ini. Camat dan warga setempat pun sudah melakukan gotong royong pembersihan lokasi bak penampungan.

"Harapan kami, dalam waktu dekat akan diusahakan aktif. Karena Satker air dari provinsi sudah dua minggu mengecek pipa-pipa yang rusak," kata Camat Senayang, Kimat Awal kepada Batamnews.co.id, Jumat (30/11/2018).

Ia menjelaskan, untuk mengaktifkan bak penampungan tersebut hingga air mengalir ke rumah warga, akan menggunakan mesin. Untuk tahap awal atau satu bulan kedepan, biaya operasional akan ditanggung oleh Satker.

"Mesinnya bagus sudah saya cek. Hari ini kami coba untuk mengisi tangki yang baru saja dikuras untuk membersihkan sampah yang ada di dalamnya. Nanti setelah airnya terisi, kami akan lihat apakah sambungan ke rumah-rumah bocor atau tidak," ujarnya.

Jika semuanya berjalan lancar, Kimat mengaku akan dicoba pengaktifan selama satu bulan kedepan, sambil menghitung besarnya operasional yang dibutuhkan.

"Setelah tahu berapa biaya operasionalnya nanti, saya akan dudukkan dengan Pemda Lingga terkait permasalahan ini," katanya.

Diketahui, proyek air bersih tersebut dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2012 lalu. Namun, sayangnya proyek dengan pagu anggaran sebesar Rp7,8 Milyar itu sampai sekarang belum dinikmati masyarakat setempat.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews