Lingga Baru Miliki Tiga Puskesmas Terakreditasi Kemenkes

Lingga Baru Miliki Tiga Puskesmas Terakreditasi Kemenkes

Puskesmas Dabo Lama yang sudah menyandang akreditasi madya oleh Kemenkes (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Dari 11 puskesmas yang berdiri di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, hanya tiga diantaranya yang sudah terakreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dua diantaranya tingkat dasar dan satu tingkat madya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Syamsu Rizal melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, adapun puskesmas yang terakreditasi tingkat madya yakni, Puskesmas Dabo Lama. Sedangkan untuk tingkat dasar yaitu, Puskesmas Penuba dan Raya.

"Tahun 2018 ini ada lagi kegiatan survei akreditasi puskesmas oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI terhadap lima puskesmas di Lingga, yaitu Puskesmas Daik, Senayang, Tajur Biru, Pancur dan Puskesmas Sungai Pinang," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (30/11/2018).

Lanjutnya, untuk Puskesmas Daik dan Senayang sudah dilakukan survei pada September lalu. Kemudian Puskesmas Tajur Biru pada Rabu (21/11/2018) kemarin, sedangkan Puskesmas Pancur dan Sungai Pinang rencananya dilakukan awal Desember mendatang.

Tingkat kelulusan akreditasi ini ditentu berdasarkan beberapa elemen penilaian yang terdiri dari administrasi, upaya kesehatan masyarakat atau pelayanan kesehatan luar gedung puskesmas, seperti Posyandu, UKS, Posbindu, Dasa Wisma, Desa Siaga dan sebagainya. Kemudian, upaya kesehatan perorangan atau pelayanan kesehatan dalam gedung puskesmas.

"Biasanya hasil ini keluar tiga bulan setelah survei," ucapnya.

Ia menjelaskan, akreditasi puskesmas sangat penting. Bertujuan untuk perbaikan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai standar, administrasi yang terstandar dan manajemen peningkatan keselamatan pasien.

"Syarat untuk bisa bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), harus terakreditasi puskesmasnya. Karena, puskesmas yang terakreditasi sudah memenuhi syarat baik SDM, sarana prasana, obat, dan manajemen," ujar Mudlofir.

Diketahui, adapun untuk tahun 2019 mendatang yang akan dilakukan proses akreditasi yakni, Puskesmas Lanjut, Resang dan Posek. Dengan begitu, ditargetkan seluruh puskesmas di Lingga terakreditasi tahun depan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews