Kawanan Pencuri Bersaudara Beraksi di Piayu, Tak Sadar Korbannya Paman Mereka

Kawanan Pencuri Bersaudara Beraksi di Piayu, Tak Sadar Korbannya Paman Mereka

Sidang kasus pencurian di PN Batam. (Foto: Syafril/Batamnews)

Batam - Kasus pencurian disidangkan di Pengadilan Negeri Batam, Rabu (28/11/2018). Terdakwanya bernama Rian Andika Putra (15). Ia menggondol sebuah sepeda motor saat acara joget melayu di Kampung Bagan RT 02/09 Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk. Ia pun tak sadar jika kendaraan yang ia curi itu ternyata milik pamannya, Supir.

Rian mengaku, motifnya melakukan aksi kejahatan itu untuk menjual hasil curiannya. Uangnya akan digunakan main internet dan jalan-jalan. "Hasil pencurian rencananya, saya gunakan untuk main di Internet dan jalan-jalan," aku Rian dihadapan majelis hakim.

Namun Supir, pemilik kendaraan kadung melaporkan kasus ini ke polisi. Kendati mengetahui pelaku adalah keponakannya sendiri, Ia tak bimbang melanjutkan kasus kriminal itu hingga ke meja hijau.

Dalam sidang tersebut beberapa orang terdakwa lain diperiksa, termasuk beberapa keponakan Supir lainnya yang ikutan membantu aksi Rian Andika.

Hakim Ketua, Mangapul Manalu bertanya ke masing-masing saksi. "Apakah saudara mengenal Rian Andika Putra ini?".

Dengan polosnya Ar, 15 tahun, menjawab ,"Kami semua saudara Pak,". Sontak ruang sidang penuh tawa dari pengunjung dan para hakim.

Para remaja ini menyimpan sepeda motor tersebut di musala kampung di dekat kawasan itu.  Sepeda motor Suzuki FU warna biru BP 6086 FQ terparkir dekat pekarangan rumah. Mereka melakukan pencurian dengan obeng untuk membobol kontak sepeda motor.

Ada tiga orang yang terlibat. Mereka masih satu keluarga. Mereka juga tak sadar jika kendaraan yang mereka ambil juga milik pamannya. Korban mengaku rugi Rp 10 juta.

Tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 2 KUHP tentang Pencurian. Adapun ancaman hukuman maksimalnya selama 7 tahun penjara.

Rian pun tampak menyesal dan malu. Apalagi korbannya pamannya sendiri. "Kalau saya tahu itu punya Pak Cik, Saya takkan ambil," ujarnya.

Entah kalau punya orang lain?

(sya)


Komentar Via Facebook :