Petugas Medis di Pulau Sering Kosong, DPRD: Terlalu Banyak Pertimbangan

Petugas Medis di Pulau Sering Kosong, DPRD: Terlalu Banyak Pertimbangan

Anggota DPRD Lingga, Agoeng Soetono (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Informasi kekosongan petugas kesehatan di Polindes Desa Pulau Bukit, Kecamatan Katang Bidare telah menyebar luas ke seluruh Kabupaten Lingga. Itu bermula ketika camat setempat melakukan kunjungan ke desa tersebut, Jumat (23/11/2018) lalu.

Menanggapi permasalahan itu, Anggota Komisi II DPRD Lingga, Agoeng Soetono menilai kekecewaan Camat Katang, Safaruddin terhadap kekosongan petugas kesehatan di Pulau Bukit merupakan hal wajar. Pasalnya, pelayanan kesehatan penting bagi masyarakat.

Baca: Kunjungi Pulau Bukit, Camat Katang Temukan Fasilitas Kesehatan Tanpa Petugas

"Sebenarnya kita tidak kekurangan tenaga kesehatan itu, hanya saja tenaga medis itulah yang terlalu banyak pertimbangan. Dan mereka lebih suka untuk ditempatkan di Senayang dan Tajur Biru atau wilayah kota," kata Agoeng kepada Batamnews.co.id, Senin (26/11/2018).

Dengan demikian, ia menyarankan agar puskesmas bersangkutan, dalam hal ini Puskesmas Tajur Biru untuk mengadakan rolling petugas. Sehingga, para petugas memahami kondisi tenaga kesehatan jika ditempatkan di wilayah pulau.

Baca: Kekosongan Petugas Kesehatan di Polindes Pulau Bukit Jadi Tanggungjawab Puskesmas

"Kami tidak mencari salah dan benar, tapi solusi yang terbaik. Bukan maksud kami mengkambing hitamkan Puskesmas Tajur Biru. Tapi pendapat Kadis Kesehatan itu benar, bahwa yang bertanggung jawab terhadap penempatan tenaga kesehatan di pulau, memang harus puskesmas untuk memutus rentang kendali agar mudah urusannya," ujarnya.

Ia melanjutkan, jika semua permasalahan dibebankan kepada Kadis Kesehatan, tentu akan lebih rumit. Pasalnya, yang tahu betul terhadap kondisi di lapangan adalah puskesmas setempat.

Baca: Kepala PKM Tajur Biru Sebut Kekosongan Petugas Kesehatan di Pulau Bukit Hanya Miskomunikasi

"Perihal tenaga medis dokter, bidan dan perawat yang ditarik ke RSUD Daik maupun dabo itu wajar. Sebab disanalah dibutuhkan tenaga medis yang handal dan masuk dalam kualifikasi sudah ahli dan berpengalaman," katanya.

Diketahui, informasi yang diperoleh Batamnews.co.id, terjadi dua kekosongan petugas kesehatan di Pulau Bukit yakni, di Dusun I Pulau Bukit dan Air Kulah.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews