HKN ke-54, Dinkes Imbau Masyarakat Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

HKN ke-54, Dinkes Imbau Masyarakat Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Peserta HKN ke-54 di Dabo Singkep usai melaksanakan upacara HKN (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November di Indonesia. HKN sendiri dilakukan dalam satu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Syamsu Rizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maliana mengatakan, adapun tema HKN tahun ini yakni, "Aku Cinta Sehat" dengan sub tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita".

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Saya mengimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," kata Maliana kepada Batamnews.co.id, Senin (12/11/2018).

Lanjut dia, masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.

"Saya mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program - program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah," ujarnya.

Maliana menjelaskan, momentum HKN ke-54 ini merupakan pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi - tingginya akan terwujud.

"Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat umum dan fasilitas lainnya," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews