Penderita Asam Lambung, Hindari 5 Makanan Ini

Penderita Asam Lambung, Hindari 5 Makanan Ini

Ilustrasi (Foto: viva.co.id)

Batam - Keluhan penyakit asam lambung sepertinya sudah sering dialami oleh kebanyakan orang. Terdapat beberapa kondisi pada lambung, seperti mulas, mual, perut kembung dan ingin muntah.

Salah satu hal terpenting untuk menjaga kondisi ini adalah dengan menjaga pola makan dan mengatur jenis makanan yang hendak dikonsumsi. Namun tidak semua penderita mengetahui jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Sebab, jika penderita mengonsumsi makanan yang dilarang dapat mengakibatkan refluks asam lambung. Atau naiknya asam lambung ke tenggorokan. Oleh sebab itu, kurangi atau hindarilah jenis makanan yang bisa mengakibatkan naiknya asam lambung.

Adapun beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam lambung, diantaranya:

1. Cokelat

Sebagian orang mungkin ada yang menyukai makanan ini, namun kebanyakan orang memang menggemari jenis makanan ini. Coklat memanglah sangat menggoda, namun nyatanya tidak bagi penderita asam lambung.

Sebab coklat diketahui dapat memicu refluks asam lambung. Di dalam coklat terkandung kafein dan stimulan, lemak yang tinggi, serta tinggi akan cocoa yang bisa mengakibatkan refluks asam lambung.

2. Makanan yang Digoreng

Seperti halnya gorengan, jenis makanan yang satu ini kerap ada kaitannya dengan panas asam lambung. Sehingga bisa memicu refluks asam lambung dan membuah penderita merasakan nyeri dada.

Selain itu juga, jenis makanan yang satu ini merupakan salah satu pemicu kolesterol.

3. Daging Berlemak Tinggi

Selain gorengan, daging-daging yang berlemak tinggi pun tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Jenis daging meliputi daging sapi, domba ataupun babi dipercaya dapat memicu naiknya asam lambung.

Anda tetap bisa memakan daging dengan alternatif lain yaitu dengan cara membuang lemak dagingnya dan memakannya 1 kali dalam seminggu.

4. Makanan Pedas

Segala jenis makanan pedas memang menyuguhkan cita rasa yang menggugah selera. Namun dibalik itu semua nyatanya makanan pedas memiliki efek buruk terhadap sistem pencernaan.

Terlebih pada penderita asam lambung, dapat memicu rasa perut melilit, panas dan rasa tidak nyaman pada perut.

5. Makanan Asam

Sebagian orang memang menyukai makanan yang asam karena memiliki efek segar. Namun jenis makanan yang mengandung senyawa acid reflux nyatanya dapat membuat asam lambung naik.

Contohnya sitrat, asinan, dan buah yang memiliki rasa asam sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Jenis makanan ini dapat mentolerasi kadar alsam lambung berlebih dan membuat cairan asam lambung lebih banyak.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Maka sebaiknya hindari jika Anda tidak ingin penyaki asam lambung Anda lebih parah lagi.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews