5 Rekomendasi Objek Wisata di Lingga saat Tradisi Mandi Safar

5 Rekomendasi Objek Wisata di Lingga saat Tradisi Mandi Safar

Seorang pengunjung menikmati indahnya Pantai Dungun (Foto:ist)

Lingga - Tradisi Mandi Safar sudah menjadi agenda tiap tahunnya bagi masyarakat Pulau Lingga, Kepulauan Riau. Tradisi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam hitungan tahun Hijriah.

Untuk tahun ini, tradisi Mandi Safar jatuh pada, Rabu (7/11/2018). Pemerintah setempat melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga memeriahkan kegiatan tersebut dengan melaksanakan pawai tradisi dari Masjid Jami Sultan Lingga menuju Replika Istana Damnah.

Tidak hanya itu, tapi sudah menjadi rahasia umum ketika tradisi Mandi Safar dilaksanakan objek wisata yang ada di Pulau Lingga itu akan ramai dikunjungi. Sejak pagi hingga sore, warga berbondong-bondong menuju pantai, air terjun serta objek pemandian.

Berikut Batamnews.co.id, merekomendasikan 5 objek wisata yang patut Anda coba kunjungi ketika tradisi Mandi Safar dilaksanakan:

1. Lubuk Papan

Objek wisata Pemandian Lubuk Papan yang berada di Komplek Replika Istana Damnah ini menjadi lokasi yang tidak pernah ketinggalan ketika tradisi Mandi Safar dijalankan. Biasanya, prosesi penyiraman anak-anak yang dilakukan Disbud Lingga serta Lembaga Adat Melayu (LAM) dilaksanakan di lokasi ini.

2. Air Terjun Resun

Selain Lubuk Papan, Air Terjun Resun yang berada di Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara ini juga menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi. Dengan suasana yang sejuk karena berada di kaki gunung, air terjun ini juga ramai dikunjungi oleh warga.

3. Pantai Pasir Panjang

Objek wisata Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam yang terletak di Dusun Malar, Desa Mepar, Kecamatan Lingga Utara menjadi pantai yang paling dekat dengan pusat ibu kota kabupaten. Biasanya, dari tahun ke tahun setiap dilaksanakannya tradisi Mandi Safar, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi.

4. Pantai Mempanak

Terletak di Desa Sungai Pinang, Pantai Mempanak selalu menjadi pilihan warga yang berada di Kecamatan Lingga Timur. Biasanya, di pantai ini pemerintah kecamatan serta desa setempat selalu menyelenggarakan kegiatan seperti jalan santai untuk memeriahkan tradisi Mandi Safar tersebut.

5. Pantai Dungun

Berada di ujung Utara Pulau Lingga, Pantai Dungun memiliki keindahan yang luar biasa dibandingkan pantai-pantai lainnya di Pulau Lingga. Pemandangan laut lepas dengan hamparan pasir putih bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Sayangnya, akses jalan menuju pantai tersebut jauh dari perhatian pemerintah. Selain jalan yang sempit, akses jalan ke Pantai Dungun juga masih tanah merah berlobang. Namun, rasa lelah Anda akan terbayarkan ketika tiba di pantai ini.

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata versi Batamnews.co.id yang bisa jadi pilihan Anda untuk menikmati tradisi Mandi Safar di Pulau Lingga. Jadi, kemana tujuan Anda untuk besok?

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews