Sekda Beberkan Penyebab Rendahnya Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Lingga

Sekda Beberkan Penyebab Rendahnya Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Lingga

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan (Foto:net/liputan6)

Lingga - Kepesertaan jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan masih rendah di Kabupaten Lingga. Bahkan, persentase kepesertaan di Lingga hanya 4 persen, jauh di bawah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lingga, Juramadi Esram mengatakan, penyebab rendahnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja di Kabupaten Lingga, karena tidak adanya kantor cabang ataupun Unit Pelayanan Terpadu (UPT) yang menaungi BPJS Ketenagakerjaan di Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

"Ketiadaan UPT ini menyulitkan masyarakat untuk mengurus dan membayar iuran serta kepemilikan kartu BPJS Ketenagakerjaan di Lingga," kata Juramadi dilansir Batamnews.co.id dari Diskominfo Kepri.

Lanjut dia, selain ketiadaan UPT jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut, kendala lainnya adalah keberadaan kontraktor atau pekerja yang ada di Kabupaten Lingga sebagian besar dibawa dari luar daerah, sehingga sulit di data.

"Tapi, pasti persoalan rendahnya cakupan perlindungan bagi tenaga kerja Lingga ini bakal menjadi perhatian kami, dan akan saya sampaikan dengan bupati saat rapat," ujarnya.

Baca: Tingkat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Lingga Cuma 4 Persen

Ia berharap, kedepannya cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Lingga dapat meningkat. Pasalnya, BPJS saat ini menjadi hal yang sangat penting dan suatu keharusan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews