Ini yang Dilakukan Alumni UI di Kepri Gali Potensi Pelajar Karimun

Ini yang Dilakukan Alumni UI di Kepri Gali Potensi Pelajar Karimun

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Kepulauan Riau memberikan pembekalan terhadap siswa-siswi di Karimun. Mereka menggali potensi setiap individu sesuai minat dan bakat.

Seminar yang diikuti oleh 500 siswa siswa kelas XII SMA sederajat. Para Iluni UI memberikan motivasi dan dorongan untuk seluruh siswa.

Kegiatan tersebut merupakan pembekalan kepada generasi muda dalam persiapan menghadapi dunia kerja dan masuk perguruan tinggi.

Ketua Iluni UI Provinsi Kepri, Amir Hakim Siregar, mengatakan bahwa, Iluni UI Provinsi Kepri terpanggil untuk berperan nyata dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di daerah setempat yang dinilai masih rendah dan jauh tertinggal dari daerah lain.

"Salah satu upaya membangun SDM, memperbanyak anak Karimun maupun Kepri bisa kuliah di perguruan tinggi negeri, tidak terkecuali di Universitas Indonesia, universitas bergengsi yang sudah go international"," ucap dia, Sabtu (3/11/2018).

Dengan menggali potensi putra dan putri Kapri, kedepannya dapat memanfaatkan kekayaan alam kepri yang sudah tidam diragukan lagi.

Iluni UI Kepri juga telah melakukan kerja sama dengan UI dengan penandatanganan MoU. "Kita fasilitasi, salah satunya dengan MoU yang telah berjalan, sekarang tinggal teknisnya seperti apa," katanya.

Seminar dengan tema 'Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi' tersebut merupakan langkah awal. Setelah ini, akan dilakukan tryout minat dan bakat bagi siswa siswi tersebut.

Nantinya, mereka akan mengarahkan siswa siswa tersebut ke bidang masing-masing yang dikuasai atau perguruan tinggi mana yang cocok.

Dia berharap, ke depan makin banyak putra-putri Kepri yang berkuliah di UI sehingga pada 10 tahun ke depan bisa berperan nyata membangun kampung halamannya.

"Kalau sekarang putra-putri Kepri yang lulusan UI hanya 12 orang. Kita berharap ke depan akan lebih banyak lagi, tidak harus UI, tapi berkompeten untuk membangun negeri," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Iluni UI Provinsi Kepri Jusrizal mengatakan, kegiatan seminar tersebut juga bertujuan untuk memotivasi siswa di Karimun untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

"Sebentar lagi mereka sudah tamat sekolah dan mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi. Jadi kita motivasi mereka bagaimana melihat potensi diri, dan memilih jurusan untuk kuliah nanti," katanya.

Dia mengatakan tindak lanjut dari kegiatan seminar itu adalah menggelar "try out" atau uji coba agar mereka siap untuk bersaing memasuki perguruan tinggi negeri.

"Setelah try out, baru kita rangking 50 teratas. Dan yang 50 orang ini akan kita berikan tes kemampuan minat dan bakat," kata Jusrizal yang juga anggota DPRD Kepri dari Kabupaten Karimun.

Ia menambahkan, Iluni UI Kepri juga akan mengupayakan jalur-jalur beasiswa, bimbingan tes secara gratis. Bagi siswa yang diterima berkuliah juga diupayakan mendapat beasiswa pendidikan.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews