6 Kode Rahasia yang Digunakan di Pesawat Saat Situasi Darurat

6 Kode Rahasia yang Digunakan di Pesawat Saat Situasi Darurat

Ilustrasi pesawat (Foto: liputan6.com)

Batam - Penerbangan memiliki sejumlah kode dan istilah yang digunakan antara pilot, awak pesawat dan petugas pengatur lalu lintas udara (Air Traffic Control/ATC). Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah memahami apa yang sedang terjadi meski berbeda bahasa.

Kurangnya pemahaman karena kebingungan atas bahasa merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap bencana Bandara Tenerife, yang merupakan salah satu kecelakaan pesawat paling mematikan dalam sejarah. Saat itu, dua pesawat bertabrakan di runway dan menewaskan 583 orang.

Namun, ada beberapa istilah atau kode yang sering digunakan di pesawat untuk menggambarkan kondisi darurat. Dikutip dari Express.co.uk, berikut ini beberapa kode rahasia yang menunjukkan kondisi darurat saat penerbangan.

1. Mayday

Mayday bukanlah pertanda baik. Pengucapan kata ini biasanya diulang tiga kali, yang berarti situasi yang mengancam jiwa. Mayday berasal dari bahasa Prancis dari kata m'aidez yang artinya tolong saya.

2. Pan-pan

Pan-pan juga merupakan tanda situasi yang sangat buruk atau menakutkan di pesawat. Namun, situasinya tidak seserius atau separah mayday. Pan-pan yang juga diulang tiga kali ini digunakan untuk situasi serius tapi belum mencapai tingkat mengancam jiwa. Pan-pan berasal dari bahasa Prancis, yang berarti kerusakan.

3. Roger

Roger digunakan sebagai konfirmasi, pesan diterima. Istilah ini dipilih untuk memudahkan dalam perbedaan bahasa, dan diyakini lebih mudah dipahami daripada mengucapkan received atau menerima. Namun, pilot tak harus mematuhi perintah.

4. 7500

Kode ini digunakan jika pesawat sedang dibajak atau ada gangguan di pesawat. Kode ini juga untuk pilot atau awak kabin yang mendapatkan ancaman akan terjadinya pembajakan.

5. 7600

Sementara kode 7600 berarti hilangnya komunikasi radio. Ini bisa menandakan sinyal radio berkurang atau hilang total ke bandara tujuan. Jika pesawat tak bisa mengirim sinyal radio ke petugas ATC, maka pesawat terpaksa berputar-putar di udara hingga mendapat izin.

6. 7700

Kode ini berarti keadaan darurat. Ini bisa berarti pesawat mengalami gangguan dan membutuhkan bantuan secepatnya. Biasanya kode ini akan membuat alarm berbunyi di radar ATC.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews