Black Box Pesawat Lion Air JT610 Ditemukan Dengan Kondisi Patah

Black Box Pesawat Lion Air JT610 Ditemukan Dengan Kondisi Patah

Kotak Hitam atau Black Box pesawat lion air JT610 (foto: Istimewa)

Batam - Black Box atau Kotak hitam yang merupakan perangkat perekam data penerbangan dan suara kokpit pesawat Lion Air JT 610 ditemukan di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, dalam kondisi patah, Kamis (1/11/2018).

Namun, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berharap isi data dalam black box masih bisa diselamatkan.

Alat perekam tersebut ditemukan di kedalaman 30 meter dibawah laut oleh Sertu Hendra, penyelam TNI Angkatan Laut. Kotak itu ditemukan dalam kondisi tertutup lumpur. 

Investigator Kesalamatan Moda Penerbangan pada KNKT Ony Soeryo Wibowo mengatakan, belum bisa memastikan data black box masih bisa diselamatkan atau tidak.

"Sekarang kondisinya sudah dalam keadaan terpotong, tingkat keadaannya saya masih belum tahu. Kami akan periksa. Mudah-mudahan datanya bisa diambil," kata Ony saat ditemui di Kantor KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018) seperti dikutip Suara.com.

Black box sendiri terbuat dari baja khusus. Menurut Ony, kondisi black box yang telah terpotong ini menggambarkan seperti apa kondisi pesawat jatuh yang menghantam perairan Tanjung Karawang pada Senin (29/10/2018) kemarin.

"Ini menunjukkan adanya energy impact yang besar. Besi saja patah, ya sudah anda bayangkan sendiri (kekuatannya)," ungkap Ony.

Sebelumnya, pesawat Lion Air JT 610 lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 06.20 WIB.

Namun, pesawat itu dilaporkan hilang kontak dan terakhir terjatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin pagi.

Pesawat tujuan ke Pangkal Pinang itu membawa 189 orang termasuk dua pilot dan enam pramugari. Pilot pesawat sempat meminta kembali ke Bandara Soekarno-Hatta sebelum akhirnya hilang kontak.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews