Penyelundup Lari ke Hutan Bakau, TNI AL Amankan Ribuan Ponsel

Penyelundup Lari ke Hutan Bakau, TNI AL Amankan Ribuan Ponsel

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan menunjukkan ribuan ponsel selundupan yang diamankan jajarannya. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Tim F1QR Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 2 menangkap sebuah speedboat tanpa nama yang mengangkut ribuan telepon seluler (ponsel) selundupan.

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengungkapkan speedboat tanpa nama itu ditangkap di perairan Pulau Dangsi, Kecamatan Sagulung, Batam, Minggu (7/10/2018).

"Ada 66 dus berisi total 2.538 unit ponsel berbagai merek," kata Iwan saat rilis penangkapan, di Dermaga Lanal Batam, Senin (8/10/2018) sore.

Sebelum penangkapan terjadi, petugas Tim F1QR Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 2 memburu speedboat bermesin 40 PK itu. 

Perburuan itu menyusul adanya informasi dari masyarakat yang menyebut ada aktivitas mencurigakan sebuah speedboat di perairan itu.

"Awalnya kami kira narkoba, ternyata ponsel selundupan," kata Iwan.

Namun pembawa ponsel yang diduga berjumlah dua orang berhasil kabur dan barang-barangnya ditinggalkan.

“Mereka masuk ke daerah bakau, dikejar. Kami belum sempat melakukan tembakan. Pelaku lari, barang-barang ditinggalkan. Barang-barang yang ditinggalkan lalu diamankan oleh anggota yang mengejar,” kata dia.

Iwan melanjutkan, hingga saat ini masih belum ada yang mengakui siapa pemilik dari ponsel selundupan ini. Diduga barang ini beradal dari Batam dan akan dikirim ke beberapa daerah.

“Kami masih menyelidiki siapa pemilik ponsel tersebut dan yang membawanya lari. Belum ada yang mengaku, kalau ada yang mengaku, top ini. Dari informasi yang saya dapat, pemiliknya ada empat orang,” ucapnya.

Iwan menjelaskan, nantinya barang temuan ini akan diserahkan ke pihak otoritas berwenang. Dia masih belum bisa memastikan apakah barang temuan ini akan dilelang atau tidak.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews