Hari Pahlawan di Batam, Tabur Bunga di Laut Punya Makna Khusus

Hari Pahlawan di Batam, Tabur Bunga di Laut Punya Makna Khusus

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono melakukan tabur bunga saat peringatan hari pahlawan di Makolanal Batam, Jumat (10/11/2017) (Foto: Agus Bagjana)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam melaksanakan tabur bunga di perairan sekitar dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam di Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Jumat (10/11/2017). 

Tabur bunga tersebut berlangsung hikmat. Masing-masing unsur FKPD melakukannya secara bergantian usai menggelar upacara peringatan hari pahlawan. 

"Tabur bunga ini untuk mengenang jasa pahlawan kita, khususnya yang gugur di laut. Karena banyak juga pahlawan kita yang gugur di pertempuran laut," ujar Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono.

Pada kesempatan upacara tersebut, Ivong bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengangkat tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

"Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan sebagai anak bangsa penerus kemerdekaan, perlu tekad membuat bangsa ini menjadi jaya, terhormat, dan bermartabat.

"Spirit nasionalisme yang ditumbuhkan pahlawan sudah kita realisasikan. Kalau dia merebut, kita mengisi dan memaknai bagaimana agar Republik kita menjadi lebih terhormat, bermartabat di mata dunia. Itu makna terdalam yang harus jadi cambuk bagi kita," kata Amsakar.

Pada peringatan hari pahlawan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya upacara digelar di Dataran Engku Putri atau Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Namun kali ini dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Batam dengan aksi tabur bunga di laut. Upacara Hari Pahlawan juga dihadiri para veteran pejuang.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews