Lanal Batam Kirim 7 Peserta Ikuti Pelantara VIII 2018

Lanal Batam Kirim 7 Peserta Ikuti Pelantara VIII 2018

Para peserta Pelantara VIII binaan Lanal Batam berpamitan dengan Wali Kota Amsakar Achmad sebelum berangkat ke NTB. (Foto: ist)

Batam - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam mengirimkan tujuh peserta yang akan mengikuti Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora yang dimulai 29 Agustus sampai dengan 11 September 2018 di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 

Pelepasan peserta dari anggota Pramuka yang berasal dari Satuan Karya Pramuka Bahari binaan Lanal Batam, dilakukan Komandan Lanal Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, selaku Kamabisaka Sakabahari Lanal Batam di Mako Lanal Batam, Senin (27/8/2018).

"Pelantara VIII merupakan upaya Pimpinan TNI AL dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya Sakabahari," kata Iwan dalam siaran pers yang diterima Batamnews.co.id. 

Ketujuh peserta tersebut, lanjut Iwan, terdiri tiga putra dan empat putri. Selama kegiatan di Sumbawa, mereka akan didampingi oleh Serka Ttg Wahedi.

Iwan menyampaikan bahwa sebagai generasi muda harus bersemangat dan menjaga nama baik dalam setiap mengeikuti kegiatan serta selalu memperlihatkan jiwa bahari selama mengikuti kegiatan.

Dalam moment ini para anggota Pramuka Saka Bahari akan mengenal  lebih dekat dunia kemaritiman serta sebagai ajang silaturahmi antar anggota Pramuka Saka Bahari.

"Pelantara merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme bagi para  pemuda, serta menyebarkan rasa kecintaan kebaharian di kalangan masyarakat sekaligus membangkitkan persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dalam kerangka NKRI," kata Iwan.

Saka Bahari sebagai wadah pembinaan keterampilan dan pengembangan wawasan bidang maritim yang selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan sehingga dapat mewujudkan  sakabahari yang terampil dan cakap di bidangnya.

Pembinaan gerakan pramuka merupakan bagian upaya pembinaan sumber daya manusia khususnya generasi muda dalam rangka pembinaan potensi maritim, melalui sakabahari dapat diarahkan pada upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air, cinta bahari, pembangunan karakter yang berbudaya dan berwawasan maritim. 

Sebelum diberangkatkan ke Sumbawa, para peserta diajak berpamitan dan mohon doa restu kepada Wali Kota Batam dan diterima oleh Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, selaku Ketua Kwarcab Pramuka Saka Bahari didampingi Pamong Sakabahari Mayor Laut (PM) Syarifuddin.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews