Pemilih Pemula Diminta Andil Sampaikan Hak Suara Pada Pileg 2019

Pemilih Pemula Diminta Andil Sampaikan Hak Suara Pada Pileg 2019

Pelajar SMAN 1 Singkep Barat yang masuk dalam kategori pemilih pemula terlihat begitu serius mengikuti sosialisasi yang dilakukan Bakesbangpol Lingga (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lingga, kembali menyisir para pemilih pemula yang ada di Kabupaten Lingga menjelang pelaksanaan pesta demokrasi 2019 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bakesbangpol Lingga, Armia melalui Kepala Sub Bidang (Kasubid) Partai Politik dan LSM, Hardi Syahfitri mengatakan, kegiatan yang bertajuk sosialisasi dan pendidikan Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 bagi segmentasi pemilih pemula, kali ini menjadikan siswa SMAN 1 Singkep Barat sebagai sasaran.

"Kegiatan ini kami lakukan bagi pemilih pemula agar mereka ikut berpartisipasi dalam setiap penyelengaraan pesta demokrasi. Harapan kami, mereka yang terdiri dari kalangan pelajar ini dapat menggunakan hak pilihnya secara baik," kata dia kepada Batamnews.co.id usai kegiatan, Rabu (3/10/2018).

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan Bakesbangpol sendirian, tapi juga melibatkan KPU Lingga sebagai narasumber dan pihak kepolisian.

"Pemilu adalah Sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung. Jadi, pemilih pemula ini tidak hanya menjadi pemilih pasif, tapi juga menjadi warga negara yang aktif berpartisipasi dalam pemilu. Memantau proses pemilu, melaporkan pelanggaran pemilu, serta menggunakan hak pilih dengan berkualitas merupakan contoh partisipasi aktif," ujarnya.

Diketahui, untuk pemilih pemula harus mengetahui syarat pemilih yakni yang pertama, berusia 17 tahun, sedang tidak terganggu kejiwaannya, tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, berdomisili di wilayah administratif pemilih yang dibuktikan dengan e-KTP serta tidak sedang menjadi anggota TNI/Polri.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews