Disduk Siapkan Dua Mobil Keliling Data Pemilih Pemula

Disduk Siapkan Dua Mobil Keliling Data Pemilih Pemula

Batam - Dinas Kependudukan Kota Batam menyiapkan dua mobil keliling untuk mendata siswa sekolah yang sudah berumur 16 sampai 17 tahun agar dapat memilih pada Pemilu 2019 nanti.

Kepala Dinas Kependudukan Kota Batam, Said Khaidar mengatakan demi memperlancar pesta demokrasi, Disduk bekerja sama dengan KPU untuk mendata masyarakat yang masih berumur 16 tahun yang mayoritas masih berada di sekolah-sekolah.

“Jadi kita ada dua mobil untuk mendatangi sekolah-sekolah itu, kita jadwalkan. Menyisir masyarakat yang umur 16 tahun udah lakukan perekaman. Begitu dia berumur 17 tahun, kita cetak KTPnya,” ujarnya, Selasa (2/10/2018) sore.

Kegiatan itu nantinya akan dilakukan setiap hari, Said menjelaskan nantinya untuk anak-anak yang masih berumur 16 tahun itu masih hanya didata saja.

“Misalnya nanti pada tanggal 28 pada saat penetapan batas waktu dia sudah umur 17, itu bisa kita cetak. Tapi kalau ada yang sudah berumur 17 tahun, kita cetak langsung,” kata dia.

“Di samping untuk kemudahan pesta demokrasi, mungkin juga dia untuk melanjutkan sekolah. Kan perlu juga itu,” ucapnya.

KPU Batam mencatat ada 27.315 pemilih pemula yang memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang.

"Jumlah itu terdiri dari pemilih pemula berusia 17, 18 dan 19 tahun," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan beberapa waktu lalu.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews