Hindari 5 Kebiasaan yang Menghambat Kesuksesanmu

Ilustrasi (Foto: harnas.co)

Batam - Sukses datang bersama orang-orang yang giat berusaha dan sikap pantang menyerah. Kesuksesan tidak mungkin datang begitu saja dalam kehidupan. Anda perlu mengusahakannya lewat sejumlah strategi. Salah satunya dimulai dari kehidupan sehari-hari, yaitu lewat kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan.

Orang sukses punya cara tersendiri untuk memaksimalkan harinya dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang kurang penting. Jika Anda lakukan, kebiasaan ini bisa saja menghalangi Anda menjadi orang sukses

Berikut ini kebiasaan yang dihindari oleh orang-orang sukses:

1. Menyalahkan keadaan

Ada banyak orang sukses yang mengawali hidupnya dalam kekurangan. Namun, hal itu tidak menjadikan mereka patah arang. Alih-alih menyalahkan keadaan, mereka berjuang untuk keluar dari jurang keterpurukan itu.

Bagi mereka, yang terpenting adalah semangat dan kerja keras serta kemampuan untuk bangkit dari kegagalan. Nasib adalah sesuatu yang bisa diubah, kini tergantung Anda, mau melakukan sesuatu untuk mengubahnya atau tidak.

2. Tak mau perluas lingkaran sosial

Terkadang ketika Anda merasa nyaman dengan lingkungan sosialmu, Anda lantas enggan untuk membuka lingkaran sosial baru. Padahal, relasi itu sangat penting bagi kesuksesanmu.

Dari sebuah obrolan dengan orang baru, akan timbul gagasan-gagasan yang bisa dijadikan peluang. Makanya, orang sukses biasanya sangat gembira ketika bisa bertukar ide dan ilmu dengan orang baru.

3. Takut mengambil risiko

Tak ada hal-hal hebat yang tidak dimulai dari sebuah lompatan yang berisiko. Sayangnya, kita yang terjebak dalam zona nyaman kerap cari aman dan takut mengambil risiko.

Padahal, orang-orang sukses justru tertantang ketika menjumpai risiko dalam pekerjaan atau bisnis mereka. Namun, tentunya mereka juga memperhitungkan risiko tersebut, bukan asal ambil.

4. Membenci pekerjaan

Tahukah Anda kalau kecintaan kita terhadap pekerjaan mampu memengaruhi kesuksesan? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 85 persen orang yang menyukai pekerjaannya, mampu mencapai keberhasilan secara finansial.

Tak heran, sebab mereka yang mencintai pekerjaannya, cenderung punya dedikasi untuk terus mengembangkan diri di bidang tersebut, sehingga penghasilannya pun ikut terdongkrak seiring dengan kariernya.

5. Berkumpul dengan orang-orang yang negatif

Pilih-pilih teman itu perlu. Setidaknya, itulah hal yang dianut oleh orang-orang sukses. Mereka lebih suka berkawan dengan orang-orang yang memberi dampak positif bagi kehidupan mereka.

Soalnya, orang-orang seperti inilah yang bakal memotivasimu untuk lebih maju. Sebaliknya, mereka cenderung menghindari orang-orang negatif karena bisa menghambat usaha mereka untuk berkembang.

(aiy)


Berita Terkait