5 Tips Memotret Makanan dengan Smartphone

(Foto: godt.no)

SAYANG rasanya melewatkan momen ketika hidangan makanan lezat yang tertata rapih di atas meja tidak diabadikan. Walaupun tren memotret makanan sudah sejak lama, namun sampai saat ini masih ada beberapa orang yang belum mengetahui rumus sederhananya.

Dikutip melalui laman Mashable, Jumat, 28 September 2018, inilah kiat memotret makanan dengan smartphone, yang didapat melalui akun Instagram @food_feels.

1. Gunakan cahaya alami

Pencahayaan alami adalah kunci untuk mendapatkan jepretan makanan yang menakjubkan. Anda bisa mengambil meja di dekat jendela restoran, itu akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Hindari cahaya langsung, entah itu dari sinar matahari, atau lampu sorot restoran. Hari-hari berawan juga dinilai sangat ideal.

2. Sudut pandang

Ada beberapa sudut yang dapat Anda gunakan untuk memotret makanan. Sesuaikanlah dengan apa yang ingin dipotret. Subjek seperti kopi, pizza, dan mangkuk terbuka biasanya paling baik dipotret langsung dari atas. Sementara makanan seperti burger dan sandwich paling baik dari samping untuk menunjukkan isi secara detail.

3. Pilih pengaturan dengan hati-hati

Opsi ini tidak harus bergantung pada piring makanan, Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Seperti lantai berubin di samping meja yang Anda potret, pengaturan kursi dan meja yang unik, kertas dinding, atau jendela yang bagus. Bermain-main dengan apa ada di sekitar bisa melahirkan keunikan.

4. Jangan terlalu banyak mengedit

Sangat mudah untuk menghapus warna asli dari makanan. Pemilik akun Instagram @food_feels mengaku, biasanya dia hanya bermain-main dengan kontras dan ketajaman. Lalu ditambah dengan sedikit filter.

5. Pilih gaya yang cocok

Seiring waktu, pengguna akan menemukan sudut, pencahayaan, bahkan jenis makanan yang cocok dengan karakternya masing-masing. Mayoritas ponsel saat ini sudah memiliki teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), sehingga memudahkan membidik gambar yang pas.

(aiy)