Ini 5 Tips Agar Gaji Tidak Berasa Numpang Lewat Saja

Ini 5 Tips Agar Gaji Tidak Berasa Numpang Lewat Saja

Ilustrasi

Jakarta - Kita emang gak bisa menampik lagi kalau segala sesuatunya pasti membutuhkan uang. Jadi lebih berat lagi ketika kamu sedang merantau di daerah tertentu untuk bekerja. 

Kenapa? Sebab mau gak mau, kalian dituntut untuk berhemat hingga akhir bulan. Tapi kamu tetep ingin seneng-seneng ‘kan sampai akhir bulan nanti? Nah pakai lima tips berikut aja guys, dijamin jadi makin happy.

1. Pergi jalan nebeng bareng temen

Selain naik kendaraan umum jauh lebih murah, ternyata nebeng bareng temen juga lebih irit lho. Apalagi kalau kamu punya temen kosan yang kantornya deket sama kamu. Atau bahkan satu kantor? Wah, bakal enak banget sih. 

Gimana gak hemat, hitung-hitung kamu bisa alihkan biaya ongkosmu ke hal-hal penting lainnya. Gak sekadar gratis aja, positifnya lagi kalian bisa punya temen ngobrol dong selama perjalanan. Hayo siapa yang sering pake trik ini kalau mau pergi?

2. Pinter-pinter cari kerjaan sampingan

Namanya rejeki emang bisa dateng dari mana aja, percaya gak? Terkadang tanpa kalian sadari, pasti ada temen kamu yang minta bantuan untuk project miliknya, entah itu membuat konten, desain grafis, dan lain sebagainya. Nah, sebisa mungkin manfaatkan hal ini ya. 

Selain bisa menambah penghasilan kamu, kamu juga jadi punya link serta portofolio pribadi. Bahkan, bisa aja lho penghasilan sampingan kamu melebihi gaji kamu. Asal dihemat-hemat ya guys!

3. Mengandalkan promo diskon

Kalau kamu mengharap traktiran temen, mungkin berlakunya cuma sekali dua kali, tergantung ada yang ulang tahun atau enggak. Nah kalau kamu mau lebih hemat lagi, kamu bisa lho memanfaatkan promo dari berbagai tempat. 

Yang penting sih, kamu harus rajin nyari info promonya. Dan ingat guys, tiap tempat punya promo yang beda-beda, misalnya Buy 1 Get 1 Free, diskon, hingga promo cashback.

4. Bawa bekel ke kantor

Tahu gak sih, kalau pengeluaran kecil tapi rutin itu sebenernya yang bikin gajimu cepat habis? Itulah sebabnya kalau kamu hitung-hitung, biaya ongkos dan makan sehari-hari selama sebulan itu biayanya paling besar. 

Nah, karena biaya ongkos memang mau gak mau harus kamu keluarkan, soal makan kamu bisa bawa bekel lho dari rumah, daripada harus beli makan siang setiap saat di kantor. Kalau rutin setiap hari, dijamin kamu bakal tersenyum pas liat saldo tabungan di akhir bulan.

5. Ditraktir pas ada yang ulang tahun

Istilah perbanyaklah teman, emang gak pernah ada salahnya. Selain demi menjalin relasi yang luas, tanpa sadar terkadang keberadaan mereka bisa membantu kita lho.

Bahkan lebih dari itu, kalau kalian saking deketnya, pasti bakalan ‘kecipratan’ untung kok, misalnya ditraktir di momen ulang tahun mereka. Lagi-lagi, uangmu masih tersimpan rapi deh di dompet.

(pkd)