Indikator Kesuksesan Pemilu di Daerah

KPU Bintan Bidik Partisipasi Pemilih Pemula, Begini Strateginya

KPU Bintan Bidik Partisipasi Pemilih Pemula, Begini Strateginya

Ilustrasi

Bintan - Tingkat partisipasi pemilih pemula dipandang menjadi indikator kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2019, khususnya di daerah. KPU Bintan sudah menyiapkan strategi terkait hal ini.

Komisioner KPU Bintan Bidang Koordinator Divisi Perencanaan dan Data, Haris Daulay mengatakan jumlah pemilih pemula di Bintan tercatat ada 7.492 orang yang tersebut di 10 kecamatan.

Jumlah ini, kata dia, merupakan bagian dari 98.370 pemilih yang terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

"Pemilih pemula inilah yang menjadi sasaran kita untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019. Mereka menjadi salah satu indikator kesuksesan penyelenggaraan pemilu di suatu daerah," ujar Haris, Senin (27/8/2018).

Sejumlah strategi telah disiapkan oleh KPU Bintan ini demi meningkatkan partisipasi pemiluh pemula ini. Diantaranya adalah dengan memberikan pemahaman dan pendidikan mengenai pemilu kepada mereka.

Tujuannya agar proses penggunaan hak pilih dari kalangan pemula ini bisa terakomodir dengan maksimal. 

"Dari catatan KPU, jumlah pemilih pemula setiap pesta demokrasi sangat besar. Pada 2009 lalu mencapai 36 juta orang dan 2014 sebanyak 14 juta orang. Kalau di Bintan untuk pemilu serentak tahun depan terdapat 7.492 pemilih pemula," jelasnya.

Kategori pemilih pemula yang terdata di DPT Bintan ada tiga. Diantaranya warga yang sudah berumur 17 tahun, sudah menikah dan aparatur yang berubah status dari TNI/Polri menjadi warga sipil. 

"Mereka itu kalangan yang baru pertama kalinya menggunakan hak pilihnya. Inilah yang disebut pemilih pemula," katanya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews