Pileg 2019

KPU Bintan Verifikasi 289 Berkas Bacaleg

KPU Bintan Verifikasi 289 Berkas Bacaleg

Bintan - Sebanyak 289 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 16 partai politik (parpol) telah mendaftarkan diri ke KPU Bintan. Mereka bersiap mengikuti pemilihan legislatif (pileg) secara serentak pada 2019 mendatang. 

"Berkas dari 16 parpol sudah kita terima. Total bacaleg yang ikut sebanyak 289, sekarang kita sedang verifikasi berkas mereka," ujar Komisoner KPU Bintan, Haris Daulay, Kamis (19/7/2018).

Verfikasi berkas bacaleg ini dilakukan oleh 3 Komisioner KPU Bintan. Lalu diawasi juga oleh Panwaslu Bintan.

Satu persatu berkas diteliti untuk melihat keabsahan dan legalitasnya. Misalnya, keaslian daripada cap legalisir ijazah, surat kesehatan dan lainnya. Sebab dianggap berpotensi untuk dipalsukan.

"Kita cek satu persatu. Lalu kita koordinasi ke instansi tempat berkas itu dikeluarkan. Sehingga bisa diketahui keabsahannya," katanya.

Pengurus PKS yang juga anggota DPRD Kabupaten Bintan, Raja Miskal mengatakan PKS sudah menguslkan 24  nama-nama bacalegnya untuk bertarung di empat daerah pemilihan (Dapil) Bintan.

"Target PKS tidak banyak, 4 kursi dari empat dapil di Bintan sudah cukup," sebutnya.

Pengurus Partai NasDem Bintan, Khazalik mengatakan Partai NasDem mengajukan berkas 25 bacaleg untuk didaftarkan ke KPU Bintan.

Mantan Wakil Bupati Bintan priode 2010-2015 ini tidak muluk-muluk. Dia menargetkan memperoleh 4 kursi dari seluruh dapil yang ada di Bintan. 

"Memang sekarang baru satu kursi, kami berharap nanti bisa empat kursi," jelasnya.

Partai Gerindra yang diketuai Agustinus Purba mengaku sudah mengusulkan nama-nama bacalegnya ke KPU Bintan. Dia menargetkan Partai Gerindra meraih 6 kursi di 4 dapil. 

"Selain target 6 kursi, kami ingin merebut kursi unsur pimpinan," ucapnya.

Ketua DPC PAN Bintan, Hesti Gustrian menyampaikan sangat menginginkan kursi unsur pimpinan Dewan Bintan berada digenggamannya.

"Target minimal mempertahankan 3 kursi. Tapi kami akan berusaha untuk bisa merebut kursi unsur pimpinan juga," tuturnya.

Sedangkan, Zakaria Ketua DPC Partai Berkarya Bintan berharap ada perubahan struktur di Dewan Bintan 2019 mendatang. Partai pendatang baru ini harus bisa mendaptkan 7-8 kursi yang dikompetisikan dalam 4 dapil.

"Dari 21 bacaleg yang diajukan kami targetkan 7-8 kursi di lembaga legislatif Kabupaten Bintan," tutupnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews