Mengintip Perayaan HUT ke-73 RI di Rutan Tanjungpinang

Lomba Makan Kerupuk hingga Idol Rutan, Para Tahanan Melepas Stres di HUT RI

Lomba Makan Kerupuk hingga Idol Rutan, Para Tahanan Melepas Stres di HUT RI

Para Napi di Rutan Tanjungpinang mengikuti berbagai perlombaan memperingati HUT ke-73 RI, Jumat (17/8/2018). (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Ratusan narapidana antusias mengikuti kegiatan permainan tradisional yang digelar Rutan Tahanan Negara (Rutan) Tajungpinang. Hal ini dilakukan dalam momen HUT ke-73 RI, Jumat (17/8/2018).

Salah satu permainan paling heboh yakni tarik tambang. Para Napi bersemangat mengikuti permainan tersebut. Kegiatan tarik tambang itu diikuti setiap perwakilan kamar laki-laki, perempuan dan seluruh pegawai Rutan Tanjungpinang.

Setelah itu, mereka mengikuti perlombaan makan kerupuk, dilanjutkan dengan kegiatan lomba balap karung.

Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiatmoko mengatakan, tujuan pelaksaan berbagai kegiatan perlombaan itu dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pegawai dengan para narapidana.

Selain itu hal ini juga untuk menghilangkan stres bagi warga binaan yang selama ini menjalani masa tahanan.

“Keluarga besar Rutan itu tak hanya pengawai saja, melainkan para narapidana itu juga keluarga kami,“ kata Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiatmoko.

Selain itu, lanjutnya, para narapidana merupakan warga masyarakat yang 

mungkin dalam kehidupan sosial melakukan pelanggaran. Mereka harus rela berpisah dengan pihak keluarga, disitulah peran petugas Rutan mengantikan di sisi keluarga yang sedang terpisah.

“Kami mengantikan keluarga mereka saat ini, memperhatikan kebutuhan mereka dan apa kesulitan selama menjalani hukuman di Rutan,”ujarnya.

Rony menjelaskan, adapun kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di bidang olahraga yakni, bola boly dan bulu tangkis serta, idol rutan. 

Selain itu juga pada hari ini melakukan perlombaan permainan tradisional seperti tarik tambang, makan kerupuk dan balap karung.

“Mereka setiap satu kamar sel membentuk tim perwakilan perlombaan, dan mereka juga sangat antusias mengikutinya,” sebut Rony.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews