Semarak HUT ke-73 RI

Perahu Layar Warna-warni Hiasi Laut di Belakangpadang

Perahu layar warna-warni menghiasi laut di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Jumat (17/8/2018). (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Lomba unik tersaji di Pulau Belakangpadang, Kota Batam. Berbagai sampan layar warna-warni menjadi pemandangan menarik di Langlang Laut, Kelurahan Tanjungsari, Jumat (17/8/2018).

Camat Belakangpadang, Asraf Ali menyampaikan bahwa perlombaan ini sudah menjadi agenda tahunan untuk memperingati HUT RI. 

“Perlombaan ini untuk memeriahkan HUT RI yang ke 73 tahun ini,” ujar Asraf. 

Perlombaan sampan layar ini diikuti oleh 26 peserta, yang tidak hanya terdiri dari dalam negeri tapi juga luar negeri.

“Peserta dari Malaysia dan Singapura juga ikut memeriahkan,” katanya.

Setiap peserta akan adu kecepatan, dengan memutari perairan antara pulau Belakangpadang dan Sambu sebanyak 2,5 kali putaran. Dan yang paling cepat akan menjadi pemenang.

Selain perlombaan sampan layar, ada juga gerak jalan beregu yang dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, HM Rudi. Malam harinya Rabu (16/8/2018), kecamatan Belakangpadang juga sudah menyelenggarakan pesta seni dan karnaval.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme, kemudia sportifitas, kebersamaan dan solidaritas tinggi,” katanya.

Sementara itu Rudi menambahkan bahwa perayaan HUT ke-73 RI di Kecamatan Belakangpadang dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Kita Indonesia, semua bersatu padu,” ujar Rudi. 

(ret)

SHARE US :

Berita Terkait