Lanal Dabo Panen Ikan Air Tawar di Kolam Sederhana

Lanal Dabo Panen Ikan Air Tawar di Kolam Sederhana

Danlanal Dabo bersama PNS Lanal Dabo, Prajurit serta Jalasenastri panen perdana ikan air tawar (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Seluruh jajaran Komando Armada I TNI AL melaksanakan panen raya budi daya ikan air tawar dan rumput laut yang dilaksanakan secara serentak, Kamis (28/6/2018).

Komandan Lanal (Danlanal) Dabo, Letkol Laut Agus Yudho Kristianto M. Tr Hanla mengatakan, pusat kegiatan tersebut dilaksanakan di Pulau Batam dan Pulau Galang oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M.

"Kegiatan panen raya itu dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Koarmada I dan sebagai pusat kegiatan dilaksanakan di jajaran Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjung Pinang. Kami sebagai bagian dari jajaran Lantamal IV  juga melaksanakan panen ikan lele dumbo dari kolam yang kami buat sendiri," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (29/6/2018).

Dia mengaku, budidaya ikan air tawar yang dilaksanakan dengan menggunakan kolam yang terbuat dari terpal di atas area lahan ketahanan pangan Mako Lanal Dabo Singkep itu berhasil dipanen mencapai 1500 ekor ikan lele.

"Kami ada dua kolam, dulu ditebar bibit 2500 ekor. Tapi yang di panen kurang lebih 1500 ekor," ujarnya.

Dia menjelaskan, dipilihnya ikan lele untuk dibudidaya, karena lele merupakan ikan yang mudah dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusus serta pola makan tidak sesulit ikan air tawar yang lainnya.

"Hasil panen sebagian dibagikan ke keluarga prajurit Lanal Dabo, sebagian lagi kami mau dibesarkan untuk pembiakan lebih lanjut dan ini upaya pertama kami untuk pembiakan, diharapkan kami bisa membuat pembibitan sendiri," ucapnya.

Dengan kegiatan tersebut, dia juga berharap Lanal Dabo Singkep sebagai bagian dari Jajaran Lantamal IV Tanjung Pinang dan Koarmada I bisa menjadi Centre of Gravity di jajaran Koarmada I baik dari segi Opslat, Kekamlaan maupun pembinaan potensi maritim (Binpotmar).

 

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews