Sejumlah Program Dominan KPPAD Lingga Periode 2013-2018

Sejumlah Program Dominan KPPAD Lingga Periode 2013-2018

Wakil Ketua KPPAD Lingga, Hadi Sumantri (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Masa tugas ketua, wakil ketua serta komisioner Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Lingga periode 2013-2018 sudah berakhir hari ini, Kamis (28/6/2018).

Selama 5 tahun masa tugas, berbagai program dilakukan untuk meminimalisir kasus yang melibatkan anak di bawah umur yang ada di Kabupaten Lingga.

Wakil Ketua KPPAD Lingga, Hadi Sumantri mengatakan, adapun program yang sudah berjalan selama 5 tahun tersebut yakni, sosialisasi perundangan perlindungan anak. Kemudian, pendampingan anak berhadapan dengan hukum dari penyidik hingga ke pengadilan.

"Kami juga melakukan diversi sesuai aturan SPPA, melakukan MoU dengan Kemenag Lingga untuk memberikan pembekalan kepada calon pengantin yang ingin menikah," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (28/6/2018).

Tidak berhenti disitu, KPPAD juga turut bersosialisasi ke masyarakat melalui FGD dan masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi dan mencegah perbuatan melawan hukum bagi anak didik di sekolah dan di lingkungan sosial lainnya.

"Mungkin masih ada lagi yang dibuat KPPAD. Tapi pada intinya poin itu yang lebih dominan," ucapnya.

Dia mengaku, KPPAD juga turun langsung melakukan sosialisasi ke sekolah dari tingkat bawah seperti Paud, SD, SMP serta SMA sederajat.

"Kami juga turut melakukan pemantauan pelaksanaan penerimaan siswa baru agar anak bisa bersekolah. Begitu juga dengan ujian nasional. Bekerjasama dengan OPD dalam pemenuhan hak anak seperti hak pendidikan, kesehatan, serta hak memiliki akte dan sebagainya," katanya.

Dengan demikian, dia berharap apa yang sudah berjalan selama ini dapat terus dilanjutkan bagi anggota baru jika mengisi KPPAD Lingga kedepan.

 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews