Ini 4 Rekomendasi Wisata Sejarah dan Religi di Tanjungpinang

Ini 4 Rekomendasi Wisata Sejarah dan Religi di Tanjungpinang

Mau berlibur ke Tanjungpinang? tapi bingung mau berkunjung ke mana? sebagai ibu kota Propinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang menyediakan berbagai wisata pilihan. Mulai dari wisata alam, wisata religi dan wisata sejarah.

Berikut beberapa destinasi yang direkomendasikan.

1. Pulau Penyengat

Pulau ini terletak di sebelah Barat Tanjungpinang, dengan luas 2 x 1 km. Sekitar 20 menit dari Tanjungpinang, menyebrang menggunakan perahu kayu/ moda transportasi rakyat yang disebut Pompong.

Sebagai situs sejarah, Pulau Penyengat menyimpan cerita kejayaan kerajaan Riau. Dikenal sebagai pulau pertahanan pada saat Raja kecil berperang melawan Tengku Sulaiman pada tahun 1719.

Pulau Penyengat mulai tersohor ketika Yang Dipertuan Muda Riau IV Raja Haji membangun benteng pertahanan yang disebut Benteng Bukit Kursi.

2. Vihara Seribu Patung

Dikenal dengan nama vihara Ksitirabha bodhisattva. Vihara ini menjadi ikon wisata di Tanjungpinang.

Berada di atas ketinggian bukit. Nuansa bangunannya bergaya Tiongkok.

Di dalam vihara Anda akan menemukan ratusan patung biksu dengan berbagai ekpresi.

Vihara Patung 1000 hanya berjarak 20 menit dari kota Tanjungpinang. Bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

3. Gedung Gonggong

Gedung yang didisain mirip Gonggong sebagai makanan khas Melayu ini, tak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Cukup berjalan kaki saja, posisinya berada di tepi laut.

Gedung Gonggong merupakan pusat informasi pariwisata atau Tourism Information Center (TIC). Fungsinya memuat segala informasi wisata kota Tanjungpinang, sebagai tempat menggelar pameran dan gedung pertemuan.

4. Vihara Tao Sa Kong

Vihara Tao Sa Kong merupakan vihara tua dengan bangunan yang dililit pohon beringin.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat vihara ini di bangun oleh Kapiten Cina, Chiao Chen sekitar tahun 1811 masih digunakan sebagai tempat ibadah umat tionghoa.

Vihara Tao Sa Kong berada di kelurahan Senggarang, Tanjungpinang. Berlokasi di perumahan penduduk yang didominasi warga Tionghoa Tanjungpinang.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews