BPOM Temukan Sarden Berisi Cacing Pita di Karimun

BPOM Temukan Sarden Berisi Cacing Pita di Karimun

Petugas gabungan memeriksa salah satu swalayan di Karimun untuk menarik peredaran sarden berisi cacing pita. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan penarikan tiga merek sarden dari swalayan-swalayan di Karimun. Ketiga merek sarden itu adalah Farmerjack, IO dan Hoki.

Ditariknya ketiga merek sarden kaleng yang berisi ikan makarel tersebut setelah keluarnya hasil uji laboratorium yang menyatakan teridentifikasi mengandung parasit anaskis sp.

Selain itu, BPOM juga mengeluarkan surat edaran agar tidak menjual barang dengan merek yang telah dilakukan uji coba tersebut.

Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli yang dikonfirmasi mengatakan penarikan telah dilakukan oleh BPOM sejak Rabu kemarin. Sasarannya adalah seluruh swalayan dan toko yang menjual makanan, terutama sarden.

"Mulai dari kemarin sudah mulai. Hari ini juga masih berlanjut. Kitabersama Dinas Kesehatan hanya melakukan pendampingan," kata Yosli

Setelah menyita produk yang mengandung parasit tersebut, petugas langsung melakukan pemusnahan dengan cara membuka kaleng dan membuang isi di dalamnya.

"Kita tidak mau, ada barang-barang yang bisa membahayakan masyarakat beredar. Untuk produk yang telah disita langsung dimusnahkan," kata Yosli.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews