Tim Terpadu Ratakan Puluhan Kios di Jodoh

Sejumlah pemilik kios tampak memilih barang-barang yang bisa diselamatkan (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebanyak 60 kios liar di kawasan terminal Jodoh dibongkar Tim terpadu, Senin (30/1/2018).

Satu per satu bangunan-bangunan itu diratakan. Hanya tersisa bekas-bekas bangunan. Tampak beberapa pemilik kios-kios itu memilih barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan.

Sekretaris Satuan Polisis Pamong Praja (Satpol PP), Fridkalter mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sesuai dengan protap yang ada, dimulai dari surat peringatan sampai kepada surat pembongkaran bangunan.

“Sudah kita berikan surat peringatan dan surat perintah pembongkaran juga, sosialisasi dari kecamatan juga sudah dilakukan,” ujar Frid di lokasi pembongkaran. 

Pembongkaran ini dilakukan untuk menyempurnakan drainase, selama ini drainase yang berada pada kawasan tersebut belum sepenuhnya berfungsi dengan baik.

“Yang kita takutkan drainase itu jadi sarang nyamuk, padahal kalau nantinya sempurna bisa melancarkan aliran air,” jelasnya.

Terhadap nasib pedagang yang terdampak dari pembongkaran, kata dia akan ditempatkan di Pasar Induk jodoh jika sudah selesai dibangun.

“Nanti dipindahkan semua kesana, tapi tunggu pasarnya selesai dibangun,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Kris menuturkan bingung mencari tempat untuk berjualan. Sementara ini, Ia akan berjualan di tempat lain sambil menunggu pasar induk jodoh selesai dibangun.

“Tempatnya sudah kami cari dan dapat,” ujar Kris.

Kris menyampaikan bahwa Ia sudah membongkar sendiri kios liar miliknya, saat akan menempati kios tersebut, Ia harus membayar Rp 8,5 juta untuk dapat memiliki kios yang sudah dipakainya dari tahun 2003.

“Sudah lama sekali, dan waktu itu tidak gratis juga, saya bayar kok,” jelas pedagang makanana khas batak tersebut.

(ret)

 

SHARE US :