Toko Gardenia Dibongkar Tim Terpadu, Kuasa Hukum: Kami Rugi Puluhan Juta

Toko Gardenia depan Edukits yang dibongkar tim terpadu, Selasa (22/1/2018). (foto: ret/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Toko Gardenia di depan Edukits, Baloi dibongkar tim terpadu, Selasa (22/1/2018). Pihak Gardenia mengaku mengalami kerugian puluhan juta rupiah akibat pembongkaran tersebut.

Melalui Kuasa hukum, Toko Gardenia mengatakan bahwa seharusnya tim terpadu memberikan sedikit waktu untuk mereka dapat membongkar sendiri bangunan milik mereka.

“Seharusnya diberikan sedikit waktu lagi, bukan langsung dibongkar seperti ini,” ujar James Sumihar Sibarani, kuasa hukum Toko Gardenia.

Toko yang menjual berbagai ragam bunga ini mengaku belum mendapat surat pembongkaran dari Tim Terpadu Batam, sehingga pada saat akan dibongkar oleh tim terpadu, pihaknya belum ada kesempatan untuk mengosongkan barang-barang yang ada di dalam toko.

“Tidak ada surat yang diberikan, tahun lalu memang ada Surat Peringatan, tapi untuk tahun ini tidak ada,” kata James.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Imam Tohari mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan Surat Peringatan (SP) 1 sampai 3, kemudian memberikan Surat Pemberitahuan Pembongkaran pertama dan kedua.

“Setelah kita berikan surat pemberitahuan pembongkaran yang kedua, kita beri waktu satu minggu agar mereka memindahkan barang-barang mereka sendiri,” ujar Imam.

Imam menyampaikan aksi protes tersebut biasa terjadi, namun pemilik bangunan tetap berusaha kooperatif.

“Kita kasih kesempatan mereka untuk mengangkut barang-barang yang masih ada di dalam bangunan, petugas kita juga ikut membantu,” kata dia.

Pembongkaran bangunan yang berdiri di buffer zone tersebut bertujuan untuk memperlebar jalan dari Simpang Jam menuju Simpang BNI.

Selain itu juga, bangunan yang berada di depan edukits maupun Gedung Marketing Oxley telah memakai lahan yang diperuntukan untuk penghijauan.

“Mereka pakai lahan untuk penghijauan, kemudian juga bulan Februari sudah mulai akan dilebarkan jalan,” jelas Imam.

Pembongkaran dimulai dari Edukits. Ada empat bangunan yang dibongkar. Petugas mengerahkan alat berat jenis eksavator.

Adapun bangunan yang dibongkar antara lain, Toko Bunga Gardenia, Gedung Marketing Oxley serta Restoran Soju Bar.

(ret)
SHARE US :