Dapat Nilai BB, Bupati Natuna: OPD Harus Kerja Keras, yang Lambat Saya Ganti

Dapat Nilai BB, Bupati Natuna: OPD Harus Kerja Keras, yang Lambat Saya Ganti

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal bersama sejumlah pejabat Pemkab Natuna (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Kabupaten Natuna mendapat apresiasi dalam memperbaiki sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) pada tahun 2017. Kementerian PAN dan RB memberikan peringkat BB setelah sebelumnya CC. 

Penyerahaan penilaian itu berlangsung di Radisson hotel Batam Kamis lalu. Bupati Natuna Drs h Abdul Hamid Rizal, MSi menerima penghargaan atas naiknya peringkat Laporan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah kabupaten Natuna dari peringkat CC menjadi BB. 

Penghargaan ini diserahkan langsung Menpan RB Asman Abnur didampingi Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Mohammad Yusuf Ateh.

Pada acara yang juga dihadiri oleh gubernur Kepri Nurdin Basirun, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dan Bupati/walikota dari Sumatera, Banten, dan Jawa Barat.

Acara diawali dengan mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo tentang upaya pemerintah dalam mengefisiensikan penggunaan anggaran negara.

Bupati Natuna diberikan kesempatan untuk menyampaikan upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki kinerja pemerintah daerah Kabupaten Natuna. 

"Saya meminta segenap OPD berkerja keras dan cerdas, yang lamban saya ganti," ujar Bupati Natuna sampaikan sesi berbagi itu.

Menpan RB Asman abnur meminta seluruh kepala daerah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran dengan berorientasi kepada manfaat sebuah kegiatan tidak hanya pada hasil yang dicapai. 

Asman juga menyampaikan upaya kementerian yang dipimpinnya untuk terus memperbaiki kinerja aparatur sipil negara dengan perbaikan sistem rekrutmen ASB, perbaikan kesejahteraan dengan jaminan pensiun dan perumahan. Kepada pemerintah daerah beliau juga berpesan untuk memperbaiki pengelolaan arsip dan proses perijinan. 

"Penyelenggara negara adalah motor perubahan," ujar Asman.

Pada acara ini Menpan RB juga meluncurkan aplikasi e-SAKIP review yang nanti akan digunakan oleh pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk menyampaikan laporan kinerja.

Turut mendampingi Bupati Natuna pada acara ini asisten 3 Iswar Asfawi, Kepala BP3D Mustofa Albagri, Kabag Ortal dan Kabag Humas Protokol Setda Kabupaten Natuna.

(snw)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews