Festival Gunung Daik, Pokdarwis Bangun Toilet di Puncak Bukit Permata

Festival Gunung Daik, Pokdarwis Bangun Toilet di Puncak Bukit Permata

Para anggota pokdarwis tampak melakukan goro dan membangun toilet, Minggu (19/11/2017). (Foto: Ruzi/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Menyukseskan perhelatan Festival Gunung Daik, para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Lingga berinisiatif membangun toilet dan membersihkan area di sekitar Bukit Permata.

Area ini akan dijadikan trek pendakian pada festival hari ini, Senin (20/11/2017). Pokdarwis Permata Hijau, Desa Panggak Darat pun sudah melakukan aksi goro mereka, Minggu (19/11/2017)

Pokdarwis membersihkan lokasi untuk pendirian tenda serta pemasangan tali di beberapa medan jalan yang curam.

Ketua Pokja Pemandu Wisata Bukit Permata, Pokdarwis Panggak Darat, M Yasir mengungkapkan, hal ini sesuai arahan dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga.

"Pada gotong royong ini, kami membangun wc dua unit, itu untuk laki-laki dan perempuan supaya tidak buang air besar dan kecil sembarangan. Karena selama ini, di puncak Bukit Permata ini juga belum ada wc," kata dia kepada Batamnews.co.id.

Dikatakannya, sebanyak 9 orang anggota turun ke lapangan. Mereka semuanya merupakan bagian dari Pokdarwis Permata Hijau.

"Kami berharap pada hari H Festival nanti, cuaca mendukung, jadi para peserta dapat melihat keindahan Bukit Permata ini," ujarnya.

Yasir mengatakan, di sepanjang jalan menuju puncak Bukit Permata dengan ketinggian 1001 Mdpl, para peserta Festival nantinya akan disuguhi beberapa objek yang menarik seperti Goa Meran, Batu Belah, Goa Saleh, Batu Balai, Batu Raje Kime, serta Goa Sempit.

"Di jalan ke puncak itu juga ada dua air terjun, air terjun Ayu dan juga air terjun Rama, tapi lokasinya agak dipinggir jalur lah," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, pada pendakian Bukit Permata nanti akan ada lebih kurang sebanyak 30 peserta lebih. Baik itu dari Batam, Tanjungpinang, Bandung, Jakarta serta Mancanegara. 

[ruz]