Hadir di Lingga, Wapres: Budaya Melayu Punya Andil Besar Untuk Negara ini

Hadir di Lingga, Wapres: Budaya Melayu Punya Andil Besar Untuk Negara ini

Bupati Lingga Alias Wello, Wapres Jusuf Kalla dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun menghadiri perhelatan Tamadun Melayu, Minggu (19/11/2017). (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyambangi Kabupaten Lingga, Kepri, Minggu (19/11/2017).

Kalla yang didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun membuka perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa. 

Kedatangan gubernur dan wapres disambut Bupati Lingga Alias Wello. Ketiganya tampak kompak mengenakan pakaian adat kebesaran melayu.

Dalam kunjungannya ke Lingga ini, wapres juga dinobatkan gelar adat melayu Sri Perdana Mahkota Negara.

Dalam sambutannya, wapres memberikan selamat atas dinobatkannya Sultan Mahmud Riayat Syah III yang merupakan Sultan Kerajaan Riau-Lingga sebagai Pahlawan Nasional RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11/2017) lalu.

Selain itu, pria yang akrab disapa JK ini juga turut mengucapkan selamat kepada Kabupaten Lingga di HUT ke-14 tahun 2017.

"Semoga di Hari Ulang Tahun Lingga ke-14 ini, semuanya dirahmati Allah SWT. Kita harapkan kemajuan yang baik," kata dia.

"Bagaimana budaya melayu yang tinggi itu sudah memberikan andil yang besar kepada negara kita. Bagaimana bahasa melayu menjadi bahasa nasional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut JK mengaku bahwa budaya melayu merupakan salah satu pemersatu bangsa. 

Sementara itu, Alias Wello mengaku banyak orang yang tidak menyangka Wapres RI akan hadir di daerah berjulukan Bunda Tanah Melayu ini.

Ia meyakini hadirnya wapres menjadi sebuah pertanda baik untuk kemajuan Kabupaten Lingga kedepannya.

"Pulau di Lingga ini ada 604 pulau dan hanya dihuni sekitar 98 pulau saja. Sisanya masih kosong. Banyak potensi yang luar biasa yang masih belum tergarap," ujar Alias Wello.

Ia menegaskan, Lingga sebagai daerah kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) di Kepri, namun belum tergarap optimal.

"Di Lingga ini, semuanya ada, tambang timah, bauksit, bijih besi, granit semuanya ada di Lingga. Hanya keterbatasan dan aturan yang membuat ini semua belum dapat maksimal memberikan kesejahteraan kepada masyarakat kami," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Menpan-RB, Gubernur Kepri, Gubernur Jambi, Bupati Tanjung Jabung Timur, Anggota DRPD Kepri, Pangdam I Bukit Barisan serta tamu undangan.

(ruz)