Komplotan Roy Tarigan Juara Begal Tiga Kota

Komplotan Roy Tarigan Juara Begal Tiga Kota

Komplotan perampok dan pemerkosa. (foto: beritasumut)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Komplotan begal kakap yang dipimpin Roy Tarigan (33) merupakan sindikat perampokan dan pencurian kendaraan bermotor sadis. Penangkapan kelompok inipun tidak mudah. Begini proses penangkapannya.

Namun aksi mereka berhenti setelah, Sabtu (14/3/2015), berhasil ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Delitua.

Warga Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan ini ditangkap bersama lima orang anggota komplotannya, yakni Herman Pelani Ginting alias Mangar (34), Suranta Tarigan alias Sura (40), Anto Sinulingga (30), Syahmad (45) dan Hendry Bona Tua Manurung (28).

Kapolsek Delitua, Kompol Anggoro Wicaksono SH SIK MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Delitua, AKP Martualesi Sitepu SH MH mengatakan, para pelaku pemerkosaan terhadap siswi SMA, MA (16), warga Sibolga yang tinggal di Jalan Bajak V, Kecamatan Medan Amplas ini, merupakan sindikat yang sering melakukan aksi kejahatan di wilayah hukum Polresta Medan, Polres Deliserdang dan Polres Serdang Bedagai.

Dijelaskan Anggoro, penangkapan sindikat ini berawal dari laporan korban, Dasar Bahagian Ginting (57), warga Medan Tuntungan.

"Dalam laporannya, korban mengaku kehilangan mobil Daihatsu Taft GT BK 1538 LS pada Selasa (10/2/2015) lalu, saat diparkir di depan rumahnya. Kita identifikasi pelaku adalah keenam tersangka. Komplotan ini akhirnya berhasil ditangkap di Jalan Simalingkar Raya, Simalingkar A,” kata Anggoro.

Anggoro menambahkan, saat dilakukan penggrebekan, keenam tersangka mencoba melakukan perlawanan dengan memadamkan aliran listrik di dalam rumah. Tapi, para pelaku berhasil diringkus. "Dari hasil penggeledahan di dalam rumah, ditemukan barang bukti berupa 5 buah kunci Letter T, dan dua pasang plat kenderaan BK 8673 BJ dan BK 4762 ADW," bebernya.

Setelah dilakukan pengembangan, lanjut Anggoro, terungkap para pelaku juga terlibat dalam pencurian beberapa unit sepeda sepeda motor dan mobil.

(aha)