Samsung Rilis Smartphone Rp 18 Juta, Ini Kelebihannya

Samsung Galaxy S6 Edge. (foto: ist net)

BATAMNEWS.CO.ID - Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge resmi diluncurkan. Produsen Gadget asal Korea Selatan (Korsel) itu memilih Barcelona, ibukota Spanyol sebagai tempat peluncuran generasi terbaru Galaxy series tersebut.

"Samsung memiliki tujuan sederhana. Inilah smartphone terindah yang pernah dibuat Samsung. Desainnya kami lakukan dari nol,” kata CEO Samsung, JK Shin, pada acara peluncuran itu, Minggu (1/3/2015) waktu setempat seperti dirilis bisnis.

Melalui Galaxy S6 dan S6 Edge, Samsung mengapliksikan penggunaan material campuran logam dan kaca.

Dari bocoran yang beredar, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge akan dilepas ke pasar seharga Rp 15 juta-Rp 18 juta per unit.

Samsung mengunggulkan aspek desain dan material yang sangat berbeda dibandingkan seri ponsel terdahulu. Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan varian Galaxy S6. Berikut beberapa aspek yang paling menonjol.

Tak terbuat dari plastik
Samsung belajar dari pengalaman tahun lalu ketika memasarkan Galaxy S5 yang berbahan plastik. "Galaxy S5 terlihat gagal dibandingkan dengan HTC One M8, Xperia Z3, LG G3, dan iPhone 6 yang materialnya lebih kuat," sebagaimana dilansir situs Gadgets NDTV, Selasa, 3 Maret 2015.

Oleh karena itu, lewat varian Galaxy S6, Samsung mengusung konsep ponsel berbahan kaca dan stainless steel. Sebagai produk premium, bahan non plastik dianggap pantas.

Kualitas teknis
Kedua produk menggunakan prosesor octa-core Exynos 7 dengan RAM 3 gigabita. Chipset ini menunjang penghematan daya dan kemampuan pengisian secara nirkabel. Adapun layarnya dibekali oleh Super AMOLED yang diklaim menghasilkan gambar super tajam.

Resolusi kamera
Resolusinya terbilang cukup tinggi, dengan resolusi 16 megapiksel pada kamera utama. Terdapat fitur image stabilization yang menunjang pengambilan gambar terhadap obyek dengan gerakan sangat cepat. Sedangkan kamera depannya 5 megapiksel.

Untuk akses yang cepat dari menu utama, pengguna dapat menggunakan fitur Quick Launch. Kecepatan aksesnya diklaim hanya 0,7 detik.

Tampilan antarmuka
Galaxy S6 dan S6 Edge memiliki tampilan antarmuka (user interface) yang lebih baik dibandingkan Galaxy S5. Pada S5, user interface kerap disebut memberatkan ponsel yang berakibat pada lambatnya kinerja.


Tak ketinggalan zaman
Selama bertahun-tahun, Samsung masih mempertahankan konsep baterai yang dapat dilepas dan kapasitas memori internal yang dapat ditingkatkan.

Nah, varian Galaxy S6 sudah meninggalkan kedua konsep tersebut. Samsung disebut terinspirasi dari iPhone. Sejak awal, Apple menciptakan ponsel unibody dan kapasitas memori yang tidak dapat ditingkatkan.

Galaxy S6 dan S6 Edge siap dipasarkan secara global mulai 10 April.


(ind/bisnis/bbs)