Kontes Robot Pelajar Bertarung di Politeknik Negeri Batam

Ilustrasi kontes robot pelajar

Batam  - Sebanyak 16 tim lolos ke babak final kontes robot yang diadakan Politeknik Negeri Batam, Minggu (22/2/2015). Perlombaan tersebut diikuti pelajar SMA dan SMK se-Kepri.

Polibatam Robotic Contest yang digelar sejak Sabtu (21/2/2015) tersebut mampu menarik perhatian pengunjung dan mahasiswa Poltek Batam. Mereka antusias melihat robot karya para pelajar yang bertarung di lomba tersebut.

Robot-robot yang mengikuti lomba akan bertarung dengan lawannya selama dua menit dalam zona manual. Robor-robot tersebut berusaha untuk menyusun balok yang bertuliskan "MERDEKA".

Para robot yang berada di zona otomatis berupaya mengikuti garis jalan yang mempunyai rintangan berlika-liku serta garis yang terputus putus dengan kecepatan waktu dua menit yang ditentukan panitia.

Mereka akan saling berebut poin untuk memenangkan perlombaan itu. Peserta lomba ini, di antaranya SMAN 1 Batam, SMKN 1 Batam, SMAN 4 Karimun, SMKN 1 Karimun, SMK teladan dan beberapa sekolah lainnya.

Tia, Sekertaris Panitia mengatakan, perlombaan tersebut digelar untuk memperkenalkan robotika kepada masyarakat, terlebih kepadapelajar SMA maupun SMK.

"Kami melihat pengetahuan atau pegelaran acara-acara robotika kepada masyarakat, terlebih lagi di Batam yang masih minim," ucap Tia, Minggu (22/2/2015).

Acara ini juga diisi dengan workshop robot lego untuk para anak-anak agar dapat mengasah kreatifitasnya dan lebih mengenal dunia robot.

"Saya sangat senang dengan acara ini, karena bermanfaat dan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia" ucap seorang pengunjung perlombaan.

 

[fer]


Berita Terkait